Ardava.com


Home » , , , , , , » 2.016 Prajurit Marinir Pemecahan Rekor Muri Sebrangi Selat Madura 2016

2.016 Prajurit Marinir Pemecahan Rekor Muri Sebrangi Selat Madura 2016

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Sabtu, 30 April 2016

Sebagai Puncak Acara HUT Ke-15 Pasmar-1

2.016 Prajurit Marinir Pemecahan Rekor Muri Sebrangi Selat Madura 2016Sebagai puncak acara peringatan HUT Ke-15 Pasmar-1 yang dirayakan pada 22 Maret lalu, Pasmar-1 melanjutkan tradisi renang melintasi Selat Madura dari Surabaya menuju Madura oleh prajurit Pasmar-1 Korps Marinir yang dilepas oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P dari titik start dibawahJembatan Suramadu sisi Surabaya, yang didampingi oleh Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana, S.E dan Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han) serta para pejabat lainnya, Kamis, (28/04/2016).

Dalam kegiatan tersebut dalam rangka memecahkan rekor MURI untuk perenang terbanyak yang melintasi Selat Madura yaitu 2.016 prajurit, dengan harapan semangat bahari dan jati diri sebagai pasukan pendarat amfibi akan tetap tertanam di dada prajurit-prajurit Pasmar-1 Korps Marinir. Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempromosikan objek wisata Jembatan Suramadu, kampanye lingkungan dan kemaritiman.

Para perenang mengenakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL), berenang di samping kaki-kaki Jembatan Suramadu sisi timur sejauh 5,3 kilometer yang diawali dari garis start sisi Surabaya dengan finish di sisi Madura. Memang bukan perkara gampang untuk berenang di Selat Madura, beberapa tantangan yang dihadapi para perenang antara lain mereka harus mampu mengatasi arus yang sangat kuat, ombak yang besar dan hewan-hewan laut yang berbisa seperti ubur-ubur serta benang laut, disamping itu juga harus bisa membentuk formasi jembatan manusia.

Pelaksanaan renang Selat Madura tersebut diikuti 2.016 prajurit Pasmar-1 Korps Marinir maupun non Pasmar-1 dengan rincian 644 perenang dari prajurit Brigade Infanteri-1 Marinir, 526 perenang dari Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir, 360 personel dari Resimen Artileri-1 Marinir, 360 personel dari Resimen Kavaleri-1 Marinir, 50 personel dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan V Surabaya, 50 perenang dari Komando Pendidikan Korps Marinir (Kodikmar) dan 26 perenang dari Akademi Angkatan Laut.

Menjelang pelepasan Renang, Kasal mengajak semua yang hadir untuk memanjatkan fuji sykur kepada Allah SWT, bahwa kita berada disini dalam keadaan sehat wal’afiat, kita mengulang sejarah 20 tahun yang lalu yang pernah melakukan renang selat Madura membentuk Jembatan Marinir Suramadu yang dilakukan oleh para senior Marinir TNI AL.

“Rekor MURI bukan patokan, kita akan menguji kemampuan prajurit Marinir dan utamakan keselamatan, berangkat 2.016 kembali 2.016, saya yakin seluruh prajurit yang diterjunkan dalam event ini mampu menyelesaikan misinya, latihan sudah dilakukan jauh-jauh hari, panitiapun telah menyiapkan segala sesuatunya agar pelaksanaan lancar dan aman.”ujarnya.

Ikut memeriahkan dalam kegiatan tersebut, 20 prajurit Batalyon Intai Amfibi-1 Marinir melaksanakan demonstrasi terjun payung yang mendarat di atas Ponton yang berada tengah laut sisi timur jembatan Suramadu yang dipimpin oleh Pasiops Yontaifib-1 Mar Mayor Marinir M. Abdilah. Tidak mau ketinggalan 200 perahu nelayan dari Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) wilayah Surabaya ikut meramaikan acara tersebut, juga dilaksanakan kegiatan bhakti sosial berupa pengobatan gratis untuk 1.500 pasien bagi masyarakat umum yang di pimpin oleh Danyonkes-1 Mar Letkol Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp. Ort, di garis finish sebelah timur jembatan Suramadu sisi Madura, serta dimeriahkan dengan hiburan Barongsai oleh prajurit Pasmar-1 yang sebelumnya dilaksanakan penyerahan perlengkapan Barongsai oleh Ketua Fobi Jatim bapak Candra Wurianto Woo kepada Danpasmar-1 juga dihibur oleh D’Brigade Band dan OM. Monata, dan demontrasi Karate prajurit Pasmar-1 dan putra-putri keluarga besar Pasmar-1.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan Cinderamata oleh Dankormar kepada Muspida setempat dan dari Muspida kepada Dankormar dan diakhiri dengan penyerahan Piagam Rekor MURI dari Tim MURI kepada Komandan Korps Marinir dan Komandan Pasmar-1 serta Komandan Korps Marinir menyerahkan Piagam Rekor MURI kepada perwakilan perenang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Aspers Kasal Laksamana Muda TNI Djoko Teguh Wahojo, S.H., M.M, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Sumardi, Danlantamal V Surabaya Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.AP, serta para pejabat teras TNI/Polri wilayah Jawa Timur.(Dispen Kormar)

Danlantamal V Saksikan Pemecahan Rekor Muri

2.016 Prajurit Marinir Pemecahan Rekor Muri Sebrangi Selat Madura 2016Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal V) Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.AP, menyaksikan 2.016 prajurit Marinir memecahkan Rekor Muri Renang Laut sebrangi Selat Madura dalam rangka HUT ke-15 Pasmar-1 tahun 2016, Kamis (28/4).

Pemecahan Rekor Muri renang laut dengan menggunakan Pakaian Dinas Lapangan (PDL, loreng Marinir:Red) seberangi Selat Madura sejauh 5,3 Km tersebut, dilepas langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M. AP. di titik start bawah jembatan Suramadu sisi Surabaya (Tambak Wedi)dan finish di Desa Labang Kecamatan Labang (kaki Suramadu Sisi Madura), tepat pukul 07.15 WIB.

Hadir dalam kesempatan tersebut Laksamana Muda TNI Djoko Teguh Wahojo (Aspers Kasal), Laksamana Pertama TNI Prasetya Nugraha (Kadisadal), Mayjen TNI Sumardi (Pangdam V/Brw), Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana (Dankormar), Brigjen TNI (Mar) Amirudin Harun (Kasgartab III/Sby), Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.AP (Danlantamal V), Brigjen TNI (Mar) Lukman Hasim (Danpasmar- 1) dan pejabat undangan lainnya.

Dari 2.016 prajurit Korps Marinir yang turut dalam pemecahan rekor tersebut, 644 perenang diantaranya dari prajurit Brigade Infanteri-1 Marinir, 526 perenang dari Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir, 360 personel dari Resimen Artileri-1 Marinir.

Lalu 360 personel dari Resimen Kavaleri-1 Marinir, 50 personel dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan V Lantamal V Surabaya, 50 perenang dari Komando Pendidikan Korps Marinir (Kodikmar) dan 26 perenang dari Akademi Angkatan Laut.

Mereka start tepat di bawah Jembatan Suramadu dan akan finish di Bangkalan, Madura, dengan jarak tempuh diperkirakan dua jam. Dari 2.016 prajurit, ada empat taruni AAL yang turut serta dalam kegiatan ini.

Kasal dalam amanatnya jelang pelepasan renang laut mengajak semua yang hadir untuk panjatkan fuji syukur kepada Allah SWT bahwa kita berada disini dalam keadaan sehat semua.

Menurut Ade - sapaan akrab orang no satu dijajaran TNI AL ini- kita mengulang sejarah 20 tahun yg lalu yang pernah dilakukan oleh senior Marinir TNI AL.

"Rekor muri bukan patokan, kita akan menguji kemampuan prajurit Marinir dan utamakan keselamatan, berangkat 2016 kembali 2016," terang Ade.

Iya meyakini lanjutnya, seluruh prajurit yang diterjunkan dalam event ini mampu menyesaikan misinya, latihan sudah dilakukan jauh-jauh hari dan panitia pun telah menyiapkan segala sesuatunya agar pelaksanaan lancar dan aman.

Ia pun meyakini, prajurit Marinir sangup melaksanakan tugas lainnya yang diberikan kepadanya.

Sesaat setelah melepas keberangkatan para perenang, orang nomor satu di Angkatan Laut ini dengan didampingi oleh Komandan Korps Marinir mencoba kemampuannya untuk berenang guna memberikan semangat kepada para prajurit baret ungu.(Dispen Lantamal V)

Sumber : Dispen TNI-AL
Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger