Ardava.com


Home » , , , , , » Kapal Cosguard China Manabrak Kapal 8 ABK

Kapal Cosguard China Manabrak Kapal 8 ABK

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Senin, 21 Maret 2016

Kapal Cosguard China Manabrak Kapal 8 ABK
Menteri Sudi Pudjiastuti gelar keterangan pers soal perilaku Cosguard China, 20/3/2016 (Suara.com)
Jakarta – Penyidik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menahan 8 ABK kapal KM Kway Fey 10078 milik China, yang memasuki wilayah perairan Indonesia di Laut Natuna, Kepulauan Riau. Terkait pelanggaran tersebut, Menteri KKP Susi Pudjiastuti akan memanggil Duta Besar China untuk Indoensia ke kantornya di jakarta.

“Senin saya akan panggil Duta Besar China untuk datang ke kantor saya,” ujar Menteri Susi saat menggelar jumpa pers di Komplek Widya Chanda V, Jakarta, Minggu (20/3/2016).

Susi memprotes keras atas sikap arogansi China yang justru seolah melindungi kapal mereka yang hendak melakukan illegal fishing. Saat penyidik telah menahan 8 ABK, tiba-tiba kapal coastguard China mendekat dan menabrak kapal yang ditumpangi 8 ABK tersebut. Hal ini diduga agar kapal tidak bisa ditarik ke wilayah Indonesia untuk diinvestigasi lebih jauh.

“Protes keras, artinya nota diplomatis. Itu masalah bahasa saja. Kadang bahasa Indonesia itu susah. Jadi bukan di atas ring,” jelas Menteri Susi.

“Seluruh awak kapal pengawas selamat, dengan 8 ABK kapal China masih dibawa oleh KP Hiu 11 ke pulau Tiga Natuna untuk proses lebih lanjut,”.

KP Hiu 11 merupakan kapal pengawas KKP yang saat itu sedang berpatroli di sekitar lokasi KM Kway Fey 10078. Tiga penyidik KKP yang ada di Kapal Hiu 11 melompat ke KM Kway Fey, yakni Puguh Widodo, Apyam Mey Kabarek, dan Ariyanto Lubis.

Meski pada akhirnya KM Kway Fey gagal dibawa ke Indonesia, namun sikap berani tiga penyidik KKP diapresiasi Menteri Susi. Dia juga meminta mereka diberi penghargaan.

“Suatu tindakan yang sangat berani, kita apresiasi, wonderful brave, keberanian yang luar biasa. Mereka orang sipil yang luar biasa, negara ini wajib memberi penghargaan,” ujar Menteri Susi.

Sumber : JKGR
Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger