Ardava.com


Home » , , » 12 pulau kecil terluar memerlukan perhatian khusus

12 pulau kecil terluar memerlukan perhatian khusus

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Jumat, 12 November 2010



Pulau Rondo
Pulau Rondo Merupakan Pulau Terdepan NKRI.


Jakarta - Sebanyak 12 pulau kecil terluar memerlukan perhatian khusus dari pemerintah, baik dari sisi keamanan, pembangunan, maupun pemberdayaan masyarakatnya. Selama ini banyak daerah perbatasan negara dan pulau kecil terluar atau terdepan kurang tersentuh pembangunan.

Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi sebagai Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan ketika membuka Lokakarya Nasional Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Pembangunan Kawasan Perbatasan, Kamis (11/11) di Jakarta.

”Sementara negara tetangga, Malaysia, telah membangun pusat-pusat pertumbuhan di sepanjang koridor perbatasannya melalui berbagai kegiatan ekonomi dan perdagangan, yang memberikan keuntungan bagi pemerintah maupun masyarakatnya,” kata Mendagri.

Ke-12 pulau kecil terluar itu adalah Pulau Rondo (Aceh), Pulau Sekatung, Pulau Nipah (Kepulauan Riau), Pulau Berhala (Sumut), Pulau Marore, Pulau Miangas, Pulau Marampit (Sulut), Pulau Batek, Pulau Dana (NTT), Pulau Fani (Papua Barat), Pulau Fanildo, dan Pulau Bras (Papua).

Salah seorang pembicara, Wakil Menteri Luar Negeri Triyono Wibowo, menambahkan, pembangunan di daerah perbatasan negara perlu juga memberdayakan masyarakat. ”Sebuah negara bisa kehilangan warga negaranya kalau tidak memberikan perhatian yang cukup,” ujarnya.

Sekretaris Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Letjen Hotmangaradja Panjaitan menyatakan perlunya penyelesaian permasalahan batas-batas negara, yaitu penetapan, pengamanan, dan pengelolaan.(Sumber : Kompas)

Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger