Ardava.com


Home » , , , , , , , , » PT PAL Rancang Kapal Pemburu Untuk Berangus Ilegal Fishing

PT PAL Rancang Kapal Pemburu Untuk Berangus Ilegal Fishing

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Jumat, 06 Mei 2016

PT PAL Rancang Kapal Pemburu Untuk Berangus Ilegal Fishing

Jakarta - Praktik illegal fishing (pencurian ikan) yang terjadi di wilayah perairan nusantara kerap merugikan nelayan lokal. Pasalnya, populasi ikan menurun sehingga tangkapan nelayan pun berkurang. Oleh karena itu, agar praktik illegal fishing benar-benar berhenti, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, meminta PT PAL Indonesia untuk merancang kapal pemburu.

Atas permintaan Menteri Susi itu, PT PAL bergegas merancang kapal markas atau kapal induk perikanan pertama di Indonesia. Kapal ini dapat dipakai untuk misi pengawasan, pengintaian, dan pemantauan maritim. Selain itu, kapal ini juga dapat membawa kapal patroli di dalamnya.

Dijelaskan Direktur Utama PT PAL, Firmansyah, kapal patroli tersebut nantinya bisa mengejar kapal-kapal pelaku pencurian ikan di wilayah nusantara. Tak hanya itu, kapal dengan panjang 140 meter ini nantinya dapat dimanfaatkan sebagai rumah sakit terapung hingga sarana karantina dan penelitian.

"Rancangan awal yang kami tawarkan telah disetujui Ibu Susi. Bisa dibilang, rancangan kapal ini adalah penyempurnaan dari desain kapal perang jenis Strategis Sealift Vessel (SSV), yang dirancang untuk memenuhi pesanan militer Filipina," ungkap Firmansyah, Kamis (11/2), dalam forum perikanan yang berlangsung di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta.

Firmansyah pun mengaku, hingga kini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Menteri Susi terkait produksi kapal induk ini, termasuk soal harga. "Ini masih desain. Kita nanti mau ngobrol soal kapal ini sama Bu Menteri," tukasnya.

Sumber : militerhankam
Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger