Home » , , , , , , , » Mencari Makna Huruf dan Angka di Senjata Rusia

Mencari Makna Huruf dan Angka di Senjata Rusia

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Selasa, 10 Mei 2016

Mencari Makna Huruf dan Angka di Senjata Rusia
Berbagai Produk Pesawat buatan Rusia di Central Air Force Museum

Setiap senjata punya nama. Setiap nama punya makna dan asal-usulnya. Dan mungkin sebagian belum paham kenapa nama senjata-senjata Rusia bisa tercipta. Kenapa namanya harus Su-27? T-14 atau pelontar rudal Chrysanthemum? Berikut kita kupas tentang cara pemberian nama senjata di Rusia di berbagai jenis senjata.

1. NAMA PESAWAT

Mencari Makna Huruf dan Angka di Senjata Rusia
Jet Tempur Su-27 SKM TNI-AU
Secara historis, pesawat Rusia dinamai pencipta mereka, atau lebih tepatnya biro desain di mana mereka dikembangkan, dengan angka yang menunjukkan nomor pembangunan. Selain itu, angka ganjil biasanya dikeluarkan untuk jet tempur, pesawat serangan dan pencegat, meskipun ada pengecualian untuk aturan ini – bomber Tupolev Tu-95 atau pesawat kargo Antonov An-125.

Jika kita mengambil Su-27 sebagai contoh, “Su” adalah nama disingkat dari biro desain yang dikembangkan pesawat – Sukhoi – dan 27 adalah jumlah pembangunan.

Seringkali nomor tersebut diikuti oleh huruf. Pertama datang huruf “S”, yang menunjukkan bahwa pesawat adalah produk serial. Kemudian, pengembangan pesawat selanjutnya menerima huruf “M”, yang berarti “modernisasi.” Huruf ini kemudian dapat diikuti dengan nomor seri modernisasi. Misalnya, Su-27SM3. Kemudian kadang-kadang ada huruf “K”, yang merupakan singkatan dari “komersial,” yang berarti produk tersebut diekspor. Huruf “UB” berarti “pelatihan tempur” (uchebno-boevoi) dan “P” berarti pesawat itu adalah versi pencegat (perekhvatchik).

Selanjutnya jika muncul sebuah pembom atau pesawat tempur dengan kemampuan tempur yang secara fundamental baru maka namanya dibuat berdasarkan pesawat yang sudah ada sebelumnya tetapi dengan angka yang berubah. Misalnya pembom yang dibuat dari model Su-27 maka dia kemudian diberi nama Su-34. Atau pesawat generasi 4 ++ yang merupakan pengembangan mendalam dari Su-27 kemudian muncul dengan nama nama Su-35.

2. NAMA ARMOR

Mencari Makna Huruf dan Angka di Senjata Rusia
MBT T-90 merupakan Tank Tempur Utama Militer Rusia
Terlepas dari biro desain dan pabrik mana mesin dirancang dan diproduksi, jika ada simbol “T” maka itu pasti ]”tank.” Sementara angka yang mengikutinya adalah tahun di mana mesin itu siap untuk dipindahkan ke angkatan bersenjata. T-72 tank memasuki layanan pada tahun 1973, T-64 dan T-62 di awal 1960-an. Sebelum memasuki dinas militer kendaraan lapis baja yang disebut ” objects,” dengan indeks pabrik menambahkan. Jadi tank Rusia terbaru, Armata, masih mengusung nama “Objek 148,” tapi setelah diterima oleh angkatan bersenjata akan resmi bernama “T-14” karena pada tahun 2014 prototipe pertama diberikan untuk otoritas militer.

Adapun huruf yang muncul setelah nomor, mirip dengan pesawat, hanya di sini jika upgrade selain huruf “M” mereka juga ditandai dengan “A” dan “B”, atau dalam kasus modernisasi global dengan “Y.” Selain itu, “K” singkatan dari tank perintah, dan “C” untuk ekspor. Perlu dicatat bahwa tank terlaris di dunia pada periode 2001-2010, T-90, masuk layanan di bawah indeks baru karena kehendak dari Kremlin. Pada dasarnya, tank ini adalah versi modern dari T-72 dan seharusnya untuk masuk tentara dengan nama T-72BU.

3. NAMA ARTILERI

Mencari Makna Huruf dan Angka di Senjata Rusia
Sistem rudal anti udara S-400
Artileri memiliki nama yang khusus. Segala sesuatu yang dimulai dengan “9K” pasti shoots missiles and rockets (MLRS), segala sesuatu yang dimulai dengan “2C” mengacu pada senjata self-propelled, “2A” mengacu pada guns, howitzers, firing batteries, dan “2B” – untuk mortir dan peluncur roket lapis baja.

Untuk rudal dan sistem pertahanan udara situasi menjadi lebih rumit. Persenjataan ini bekerja dalam sistem, dan nama mesin tertentu sering diwakili oleh indeks khusus, yang jarang ditemui dalam publikasi populer. Sebagai contoh sistem pertahanan udara S-300 meliputi urveillance radars, tracking and target illumination stations, various missiles, charging machines dan sebagainya. Huruf S adalah system sementar angka menunjukkan daya jangkau maksimum. S-300 berarti sistem pertahanan yang bisa mencapai daya jangkau 300 kilau dan S-400 rentangnya 400 km.

Selain sebutan huruf dan angka, kadang-kadang nama diberikan atas dasar tradisi-tradisi lain: misalnya, senjata dikaitkan dengan: Needle (Igla) dan Arrow (Strela) untuk berbagai jenis MANPADS (Man-Portable Air Defense System) atau peluncur roket bahu. Jika tidak pengembang memberikan serangkaian nama identik. Selain huruf dan angka, serangkaian self-propelled platform artileri diberi nama yang mudah diingat seperti nama bunga. Maka muncullah sejumlah nama nama: Peony, Hyacinth, Tulip, Chrysanthemum. Meski indah jangan pernah berharap untuk mendapat kiriman buket semacam ini.

Sumber : RBTH, jejaktapak
Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger