Ardava.com


Home » , , , , , , , , , , » KRI Teluk Manado 537 Dukung Operasi Pamtas Papua Nugini

KRI Teluk Manado 537 Dukung Operasi Pamtas Papua Nugini

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Rabu, 11 Mei 2016

KRI Teluk Manado 537 Dukung Operasi Pamtas Papua Nugini
KRI Teluk Manado - 537

Untuk kesekian Kalinya satu kapal perang TNI Angkatan Laut dari jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), KRI Teluk Manado 537 melaksanakan operasi Pergeseran Pasukan (serpas) kali ini dari Batalyon Infateri 330 Raider/Tri Dharma Linud Kostrad yang tergabung dalam satuan tugas (satgas) pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini.

KRI yang berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta tersebut mengangkut lebih dari 600 pasukan dari kesatuan TNI-AD Yonif 330 Raider Tri Dharma Linud Kostrad dari Cicalengka yang berada di bawah Kodam III Siliwangi. Pelepasan pasukan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Papua Nugini ini, dilaksanakan di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Senin (9/5) oleh Panglima Komando Strategis Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi didampingi Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, S.Sos.

Kapal perang jenis Landing Ship Tank (LST) dengan Komandan Letkol Laut (P) Priyo Dwi Saputro yang merupakan alumni AAL Angkatan 1999. KRI Teluk Manado 537 akan menurunkan pasukan yang bertugas menjaga perbatasan RI-Papua Nugini di Dermaga Jayapura, Papua.

Komandan KRI Teluk Manado 537 Letkol Laut (P) Priyo Dwi Saputro mengatakan bahwa kapalnya dan seluruh anak buah kapal dalam kondisi siap sehingga pada penugasan mendukung Serpas Satgas Pamtas RI – PNG Batalyon Para Raider 330/Tri Dharma Linud Kostrad dapat berlangsung dengan aman dan lancar, begitu juga dalam perjalanan kembali dalam mendukung Serpas Batalyon lain yang selesai melaksanakan tugas kembali ke kesatuan awal diharapkan tidak terdapat suatu halangan.

Selain menurunkan pasukan di daerah operasi yang telah ditentukan, kapal perang tersebut juga akan menarik pasukan Satgas yang lama di tiga titik tempat operasi termasuk Pengamanan Perbatasan RI-Papua Nugini yang telah bertugas selama enam bulan, untuk kembali ke kesatuan asal.

Pergeseran pasukan ke seluruh wilayah nusantara merupakan salah satu tugas pokok Kolinlamil sebagai pembina tunggal sistem angkutan laut militer. Selain mendukung pergeseran pasukan TNI ke daerah batas-batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berbatasan dengan negara tetangga, Kolinlamil juga aktif dalam mendukung pergeseran material, dan logistik ke daerah-daerah rawan dan pulau-pulau terluar RI.

Kapal perang jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) hingga memasuki pertengahan tahun 2016 terus melaksanakan dukungan terhadap operasi pengamanan perbatasan (Pamtas), pengamanan wilayah pulau terluar (Pamputer) dan pengamanan daerah rawan (Pamrahwan) melalui pergeseran pasukan (Serpas) maupun pergeseran logistik (Serlog) dan pergeseran material (Sermat).

Asisten Operasi Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) P. Rahmad Wahyudi mengatakan, hingga saat ini kapal perang Kolinlamil baik yang berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya maupun Jakarta terus mengerahkan dukungan kapal perangnya untuk melaksanakan Serpas, Sermat maupun Serlog dalam menjaga Pamtas, Pamrahwan maupun Pamputer dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) baik di wilayahTimur maupun Barat.

Kolinlamil merupakan salah satu Komando Utama di jajaran TNI Angkatan Laut yang pembinaannya berada di bawah Kepala Staf Angkatan Laut. Sedangkan komando operasional berada di bawah Panglima TNI. Sebagai Kotama operasi, Kolinlamil bertugas menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI baik dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

(Dispen Kolinlamil)

Sumber : Dispen TNI-AL
Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger