Ardava.com


Home » , , , , , , , » NBell-412, Turunan Sang Legenda yang Dikenal Nyaman

NBell-412, Turunan Sang Legenda yang Dikenal Nyaman

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Selasa, 22 Maret 2016

 Si Legendaris "NBell-412" 

NBell-412, Turunan Sang Legenda yang Dikenal Nyaman
Helikopter NBell-412 TNI-AD
Helikoper Angkatan Darat Indonesia NBell-412 yang salah satunya jatuh di Poso Minggu 20 Maret 2016 diproduksi PT Dirgantara Indonesia dari lisensi Bell Helicopter Textron. TNI Angkatan Darat mulai menggunakan NBell-412 sejak tahun 1984 dengan varian NBell-412 SP (Special Performace), NBell-412 HP (High Performance) di dekade 90-an, dan terakhir NBell-412 EP (Enhanced Performace).

Sebenarnya helikopter ini merupakan varian sipil dari Huey sebuah helikopter legendaris dan dihadirkan tanpa senjata terpasang. Tidak ada informasi pasti berapa jumlah helikopter jenis ini yang dimiliki TNI AD. Tetapi jika mengacu pada Wikipedia.com, sayap udara Angkatan Darat Indonesia memiliki 14 unit NBell-412 SP, 14 unit NBell-412 HP, dan 16 unit NBell-412 EP.

Di Indonesia, heli sipil ini kemudian dipersenjatai dengan sejumlah senjata seperti FN-Herstal MAG 58 kaliber 7,62 mm , hingga peluncur roket FFAR (Folding Fins Air Rockets) jenis T.905 kaliber 2,75 inchi.

Sebagaimana dilaporkan indomiliter.com, meski saat hadir tidak dibekali kokpit NVG (night vision goggles) capable, namun sejak era 1990-an semua varian huey TNI AD dapat diterbangkan dalam operasi militer oleh pilot yang menggunakan NVG.

Secara eksternal tidak ada perbedaan mencolok antara tiga varian NBell-412. Perbedaan terletak pada mesin. NBell-412 SP yang menggunakan mesin PT63-BF, NBell-412 HP yang menggunakan mesin PT63-BE, dan yang paling baru NBell-412 EP yang mengusung mesin twin turbine Pratt & Whitney PT63-D. Khusus di NBell-412 EP ditambahkan kemampuan dual digital automatic control flight system dan peningkatan kekuatan tail rotor.

 Nyaman Dan Aman 

NBell-412, Turunan Sang Legenda yang Dikenal Nyaman
Helikopter Bell 412 Puspenerbad TNI AD mengangkut prajurit dalam latihan operasi darat gabungan di di Pusat Latihan Pertempuran Marinir V Baluran, Asembagus, Situbondo, Rabu (3/6).(Republika/Aditya Pradana Putra)
Menurut air-force technology, helikopter ini memiliki kabin cukup luas, dengan volume 6.2m³, dirancang untuk memberikan tempat duduk yang nyaman untuk 13 penumpang (termasuk awak). Helikopter dilengkapi dengan dua pintu jettisonable 2,3 meter dan empat jendela panorama besar. Kompartemen bagasi di booming ekor memiliki volume 0.8m³ dan dapat dengan mudah dikonfigurasi untuk peralatan misi khusus.

Kaca kokpit modern mengakomodasi dua anggota awak dan memiliki opsi untuk operasi dengan pilot tunggal. Kokpit dilengkapi dengan dua pintu samping dan kaca depan kaca.

Automatic flight control system (AFCS) tiga axis memungkinkan operasi yang aman dan mudah sekaligus mengurangi beban kerja pilot. Avionik termasuk multi-functional displays, antenna VHF, VHF transceiver, kompas magnetic, distance measuring equipment, transponder, airspeed indicator, dan altimeter.

Kokpit dapat opsional dilengkapi dengan empat axis AFCS digital, avoidance warning system (H-TAWS), automatic dependent surveillance-broadcast (ADS-B), air data computer, emergency locator transmitter dan traffic collision avoidance system (TCAS).

 Fitur Keselamatan 

NBell-412, Turunan Sang Legenda yang Dikenal Nyaman
Cockpit Helikopter NBell-412 TNI-AD
Pesawat dilengkapi dengan perlindungan rollover sekat bagi penghuni. Crashworthy, kursi awak menyerap energi menjamin keselamatan dan kenyamanan pilot. Sistem transmisi menggunakan detektor chip untuk memberikan deteksi kegagalan awal.

Fitur keselamatan Bell 412EP rupture-resistant fuel cells, wire strike protection system, dual digital flight control, dan dual redundant electrical, hydraulic dan fuel systems.

Spesifikasi NBell-412 SP/HP/EP :

  • Main rotor blades : 4
  • Tail rotor blades : 2
  • Main rotor diameter : 14 meter
  • Panjang : 17,1 meter
  • Tinggi : 4,6 meter
  • Lebar : 2,5 meter
  • Ketinggian maks : 6.094 meter
  • Mesin : NBell-412 SP – 2 x Pratt & Whitney PT6T-3BF
  • NBell-412 HP – 2 x Pratt & Whitney PT6T-BE
  • NBell-412 EP – 2 x Pratt & Whitney PT6T-D
  • Kecepatan Max : NBell-412 SP – 240 Km/jam
  • NBell-412 HP – 259 Km/jam
  • NBell-412 EP – 259 Km/jam
  • Jangkauan : NBell-412 SP – 571 Km
  • NBell-412 HP – 874 Km
  • NBell-412 EP – 745 Km
Sumber : Jejak Tapak
Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger