Ardava.com


Home » , , , , , » Operasi Militer Internasional di Timur Tengah 1990-2015

Operasi Militer Internasional di Timur Tengah 1990-2015

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Minggu, 29 Maret 2015

Operasi Militer Internasional di Timur Tengah 1990-2015
F-15E Arab Saudi
Pada tanggal 25 Maret 2015, Arab Saudi dan negara-negara Teluk Persia lainnya melancarkan operasi militer di Yaman, setelah Dewan Kerjasama untuk Negara Arab di Teluk mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa Arab Saudi, Kuwait, Bahrain, Amerika Arab Emirates dan Qatar akan memenuhi permintaan Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Al-Hadi untuk mempertahankan pemerintahannya dari militan Houthi.

Pada bulan Maret 2015, militan Houthi, yang sudah menguasai ibukota Sanaa, didirikan kontrol atas Taiz, kota Yaman terbesar ketiga, dan bandara setempat. Untuk kesekian kalinya perang pecah di Timur Tengah dengan melibatkan gabungan sejumlah negara. Tanah ini seolah tidak pernah berhenti dari sistem perang keroyokan.

Dan berikut operasi militer di Timur Tengah sejak 1990-2015

1. Operasi Badai Gurun "Operation Desert Storm" di Irak (1991)

Operasi Militer Internasional di Timur Tengah 1990-2015
F-16A, F-15C dan F-15E terbang bersama selama operasi Desert Storm.(U.S. Air Force photo)
Pada tahun 1991 AS dan pasukan koalisi melakukan Operation Desert Storm atau Operasi Badai Gurun terhadap Irak setelah pendudukannya atas Kuwait pada bulan Agustus 1990. Operasi itu diluncurkan pada 17 Januari 1991 sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB mengesahkan negara-negara anggota untuk menggunakan segala cara yang diperlukan untuk menegakkan dan melaksanakan Resolusi 660 (1990). Selain dari Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Australia, koalisi anti-Irak termasuk Suriah, Mesir dan Arab Saudi, serta negara-negara Eropa Timur juga terlibat. Uni Soviet tidak bergabung dalam koalisi.

Operasi Badai Gurun berlangsung 41 hari dan termasuk serangan udara (Januari 17 – Februari 23) dan operasi udara-darat (24-28 Februari). Pada tanggal 17 Januari, pasukan koalisi melancarkan serangan udara terhadap sasaran di Irak dan Kuwait. Operasi darat Sekutu dimulai pada tanggal 24 Februari 1991, mengambil empat hari untuk membebaskan Kuwait. Perang berakhir pada Februari

2. Operasi Shock and Awe di Irak (2003)

Operasi Militer Internasional di Timur Tengah 1990-2015
Pemboman di Baghdad pada Operasi Shock and Awe
Operasi militer yang melibatkan Amerika Serikat dan koalisi internasional dilakukan terhadap Irak dari 20 Maret sampai dengan 1 Mei 2003 tanpa restu PBB dan telah dinilai sebagai operasi ilegal oleh anggota Kongres AS.

Invasi secara resmi dibenarkan oleh dugaan hubungan Presiden Irak Saddam Hussein dengan terorisme internasional, serta laporan CIA mengklaim Irak telah memiliki senjata pemusnah massal. Semua klaim ini kemudian tidak terbukti.

Amerika Serikat dan Inggris menyumbang 98 persen dari kekuatan invasi. Menurut Amerika Serikat, 45 negara menyetujui keputusan untuk menggunakan kekuatan militer terhadap Irak, dan 32 negara yang disediakan kontingen militer.

Kampanye militer berlangsung 43 hari. Pada tanggal 1 Mei 2003, Presiden AS George W. Bush menyampaikan pidato Mission Accomplished yang mengakhiri operasi tempur besar di Irak.

Kekerasan militer di Irak terus terjadi setelah operasi berakhir. Kekalahan dari angkatan bersenjata Irak dan menggulingkan Saddam Hussein memicu konflik berkepanjangan, dengan dampak dirasakan hari ini.

3. Resolve Inherent di Irak dan Suriah (2014 – Sekarang)

Operasi Militer Internasional di Timur Tengah 1990-2015
F-15E Pendukung Operasi Resolve Inherent di Irak dan Suriah (2014–Sekarang)
Amerika Serikat dan sekutu mereka telah melakukan serangan udara yang menargetkan posisi Negara Islam, yang saat ini menguasai sebagian besar Irak dan Suriah, sejak Agustus 2014.

Operasi militer pimpinan AS hanya diberi codename saat Resolve Inherent pada bulan Oktober, 2104. Lebih dari 60 negara telah bergabung dengan Amerika Serikat dalam operasi untuk menghilangkan ISIL, menurut Departemen Luar Negeri AS.

Sumber : Jejak Tapak
Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger