Ardava.com


Home » , » Inggris Rancang Jet Tempur ala Robot "Transformers"

Inggris Rancang Jet Tempur ala Robot "Transformers"

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Rabu, 09 Juli 2014

Jet Tempur Ala Robot "Transformers" akan segerah terwujud

Inggris Rancang Jet Tempur ala Robot

Bagi Anda yang sudah menonton serial film Transformers, tentu ingat betapa canggihnya pasukan robot yang bisa berubah menjadi mobil, pesawat tempur, atau berbagai kendaraan bermotor lainnya.

Nah, ternyata perusahaan dirgantara Inggris yang bergerak di bidang pertahanan, BAE Systems, kini sedang bersemangat untuk membuat dan mengembangkan beberapa pesawat terbang masa depan berteknologi 'impian' layaknya robot-robot pesawat yang ada di film Transformers. Kabarnya, Para peneliti BAE Systems percaya jika pesawat-pesawat yang dibuat berdasarkan teknologi 3D printing tersebut akan siap terbang di langit Britania Raya pada tahun 2040. Seperti apa ujutnya ?

Seperti yang dilansir oleh Daily Mail (06/07), terdapat tiga ide tentang pembuatan pesawat masa depan yang kini tengah digodok oleh BAE. Yang pertama adalah pembuatan pesawat tanpa awak atau drone berukuran mini yang bisa dengan mudah di terjunkan dalam misi-misi berbahaya.

Ide yang kedua lebih hebat lagi, mereka akan menggunakan nano teknologi yang berbentuk cairan lengket yang diletakkan pada lapisan bawah bodi pesawat. Cairan berbasis nano teknologi itu akan dengan cepat memperbaiki bagian pesawat yang mengalami kerusakan, bahkan saat terbang diudara sekalipun.

Teknologi yang ketiga adalah yang paling dekat dengan robot-robot Transformers. BAE menggambarkan jet tempur "Transformers" ini sebagai sebuah sistem pesawat terbang fleksibel yang menggabungkan sejumlah pesawat jet kecil untuk kebutuhan yang lebih efisien. Pesawat-pesawat ini kemudian bisa memisahkan diri lagi dengan cepat sesuai dengan kebutuhan, mulai dari melakukan serangan, melakukan pengintaian, hingga mengantarkan pasokan logistik. Hasil pembelahan tadi bisa menjadi pesawat, hingga alat-alat lain yang mempunyai fungsi lain dalam misi yang dijalankannya.

Inggris Rancang Jet Tempur ala Robot

Sedangkan teknologi terakhir bukan merupakan rancangan sebuah pesawat terbang, melainkan persenjataan pesawat yang menerapkan sistem pancaran energi. Sebuah senjata yang bisa menembakkan laser akan disiapkan oleh BAE Systems guna melengkapi pesawat milik mereka tadi. Laser beam itu akan difungsikan sebagai penghalau misil atau bom yang diarahkan ke tentara, dengan kecepatan tembakan melebihi kecepatan suara.

Proyek ambisius itu kini tengah dikerjakan di salah satu pusat produksi BAE di Warton, Inggris. Di sana, Nick Colosimo, seorang "futuris", memimpin proyek ini.

BAE menyatakan, penggunaan material canggih itu akan menciptakan sebuah pesawat jet dengan tingkat kemampuan menyelamatkan diri sangat tinggi meski terlibat dalam skenario paling berbahaya sekalipun.

Tim yang bekerja untuk mewujudkan pesawat tempur "Transformers" itu terdiri atas para pakar dari berbagai universitas, pemerintah, dan berbagai perusahaan yang selama ini mengembangkan teknologi penerbangan.

Untuk membiayai berbagai riset dan pengembangan tahap awal teknologi penerbangan tersebut, BAE Systems kabarnya telah menggelontorkan dana hingga Rp 2,4 triliun rupiah hanya untuk tahun 2013 saja.(Sumber : Kompas, Merdeka)

Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger