Home » , , » Pramono Edhie Wibowo

Pramono Edhie Wibowo

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Minggu, 11 Mei 2014

Pramono Edhie WibowoLetnan Jenderal Pramono Edhie Wibowo lahir di Magelang, Jawa Tengah, 5 Mei 1955. adalah anak keempat dari tujuh bersaudara pasangan Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo dan Sunarti Sri Hadiyah.

Dia dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Kamis 30 Juni 2011 pukul 14.00 WIB di Istana Negara oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia menggantikan Jenderal George Toisutta. Adik ipar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, itu sebagai penerus dinasti Sarwo Edhie Wibowo, disiapkan menjadi Panglima TNI pada 2013 dan Calon Presiden 2014.

Pramono Edhie Wibowo adalah seorang Major Jenderal Tentara Nasional Republik Indonesia (TNI). Tentu saja, gelar yang didapat oleh Pramono tidak melalui proses dan perjuangan yang ringan. Apabila menilik latar belakang keluarga Pramono, maka bisa dibilang bahwa Pramono terinspirasi oleh ayahnya, yaitu Letjen Purnawirawan Sarwo Edhie Wibowo; Sang Pangkostrad ang andil dalam penumpasan G 30 S PKI.

Pramono membangun karirnya dengan menempuh pendidikan AKABRI pada tahun 1980. Pada tahun yang sama Pramono ditunjuk sebagai Komandan Pleton Grup I Kopassandha. Berkat kegigihannya, karir Pramono berkembang. Pada tahun 1984, setelah menjadi perwira Operasi grp I Kopassandha pada tahun 1981, Pramono ditunjuk sebagai Komandan Kompi 112/11 grup I Kopassandha. Perwira Intel Operasi Grup I Kopassus (1986). Lalu menjabat Komandan Batalyon 11/1 Kopassus, Wakil Komandan Grup I/Kopassus, Komandan GrupI/Kopassus, sebelum menjabat Ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri (2001-2004) saat berpangkat kolonel.

Pada tahun 1995, Pramono menempuh Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Sesko AD). Satu tahun kemudian, Pramono menjabat sebagai Perwira Intel Operasi grup I Kopassus. Bernaung dalam tenda Kopassus, Pramono kemudian menjawab sebagai wakil Komandan pada tahun 1996, dan terpilih menjadi Komandan dua tahun kemudian.

Setelah masa reformasi berlangsung, Pramono terpilih menjadi Ajudan Presiden Megawati Soekarno Putri pada tahun 2001. Pada tahun yang sama, Pramono menempuh Sekolah Staf dan Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI), dan setelah SBY terpilih menjadi Presiden menggantikan Megawati (2004), sejenak dia menjadi Perwira tinggi Staf Ahli Bidang Ekonomi Politik Sesko TNI (2004).

Karir Pramono terus meningkat, sehingga dia menjadi Wakil Danjen Kopassus pada 2005, Kasdam IV/ Diponegoro pada tahun 2007, dan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus TNI AD pada tahun 2008 hingga tahun 2009. Pada tahun 2009, Pramono menjabat sebagai Panglima KOSTRAD Pangdam III Siliwangi Jawa Barat ( 4 Desember 2009- 30 September 2010) dan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad), (30 September 2010-7 Juli 2011).

Bagaimanapun juga, terdapat juga beberapa kontroversi yang menimpa karir Pramono Edhie Wibowo. Salah satu kontroversi yang masih hangat berkaitan dengan pengangkatannya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat tahun 2011 lalu untuk menggantikan George Toisutta. Banyak pihak berpendapat bahwa Pramono mendapatkan kursi tersebut dengan nepotisme. Ya, Pramono merupakan adik ipar Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, walaupun satu keluarga, Pramono tidak berada pada satu partai yang sama dengan SBY. Pramono saat ini berada pada bendera Golkar, dan dipilih untuk menjadi maju ke Pemilu Kepresidenan 2015.

Pada awal Juni, Pramono pensiun dengan jabatan terakhir sebagai KASAD. Kemudian pada 29 Juni 2013, Pramono resmi masuk partai Demokrat. Kehadirannya sebagai petinggi partai bisa menjadi ancaman bagi kader Partai Demokrat maupun tokoh nasional yang hendak mengikuti konvensi calon presiden (Capres) yang akan digelar partai tersebut.

Meski baru bergabung, Pramono sudah disambut hangat oleh para kader Demokrat. Ia mengaku masuk partai karena ingin membantu partai sang kakak, Ani Yudhoyono.(Sumber : Intelijen)

Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger