Home » , » Cyber Defense Competition Berakhir, Para Peserta Joy Sailing Di Koarmatim

Cyber Defense Competition Berakhir, Para Peserta Joy Sailing Di Koarmatim

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Sabtu, 10 Mei 2014

Cyber Defense Competition Berakhir, Para Peserta Joy Sailing Di KoarmatimSurabaya - Peserta Cyber Defense Competition (CDC) tahun 2014 melaksanakan Joy Sailing dengan dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), Jum’at (09/05). Peserta lomba CDC tiba di Dermaga Koarmatim disambut Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum. beserta para Dansat dan Kasatker Mako Koarmatim.

Pelayaran singkat ini menggunakan KRI jenis Ship Integrited Geometrical Modularity Approach (SIGMA), yaitu KRI Sultan Hassanudin-366 dan KRI Sultan Iskandar Muda-367. Sedangkan rute pelayaran disekitar APBS dan sekitar Jembatan Suramadu. Kapal perang ini merupakan dua dari empat kapal perang tercanggih yang saat ini dimiliki TNI AL.

Lomba Cyber Defense Competition diselenggarakan Kementerian Petahanan (Kemenhan) RI bertempat di Akademi Angkatan Laut, Bumi Moro Surabaya mulai kemarin dan berakhir hari ini. Peserta lomba terdiri dua kategori yaitu kategori siswa dan umum. Untuk kategori siswa yaitu peserta dari siswa SMA, SMK sederajat yang diikuti lima kelompok, dan tiap kelompok terdiri dari lima orang. Kategori kedua yakni umum terdiri dari para pelaku yang bergerak dibidang teknologi informasi (IT) dan prajurit TNI. Untuk tim penilai sekaligus dewan juri berasal dari perkumpulan organisasi IT Indonesia terdiri dari pelaku industri IT, Dosen perguruan tinggi dan Asosiasi IT Indonesia.

Cyber Defense Competition Berakhir, Para Peserta Joy Sailing Di KoarmatimSalah salah seorang dewan juri, Dr. Budi Rahardjo, Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan, salah satu penilaian lomba Cyber Defense Competition antara lain yaitu, tiap kelompok peserta masing-masing diberi soal tentang kemampuan melindungi diri dan menyerang (attach) yang bersifat ofensif.

Salah satu contoh peserta untuk berdau cepat dalam membobol atau meretas jaringan server lawan, kemudian mengambil data atau berkas rahasia yang ada didalam server (capture the flag). “Peserta juga dituntut mampu melindungi diri dari segala macam bentuk serangan”, kata Dr. Budi Rahardjo.

Sementara itu, Pangarmatim mengatakan tujuan pelayaran bersama dengan kapal perang ini untuk membangkitkan jiwa kebangsaan, patriotisme, nasionalime serta cinta tanah air kepada seluruh peserta lomba Cyber Defense Competition tahun 2014.(Sumber : Kompas)

Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger