Home » , , , , , , , » Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Irian Jaya

Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Irian Jaya

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Minggu, 01 Mei 2016

Panglima TNI Kunjungi Pangkalan Militer di Biak

Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Irian JayaPanglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, melakukan kunjungan ke pangkalan udara dan dermaga bekas militer Belanda di Biak, Papua, Sabtu (30/4). Ia berencana mengubah pangkalan dan dermaga itu menjadi pulau induk militer Indonesia bagian timur untuk memperkuat kawasan tersebut.

Jenderal Gatot sempat melihat landasan pacu yang baru serta yang lama. Landasan itu berada satu kompleks dengan landasan pacu milik militer Belanda dahulu. Ia menginginkan agar landasan yang lama direnovasi. Dengan merenovasi, pihaknya dapat melakukan penghematan anggaran.

“Nah di sini (Biak) kan kosong. Di sini tak ada pesawat tempur padahal landasan ada, jadi kita akan membuat pangkalan-pangkalan baru. Tetapi memanfaatkan yang sudah ada,” kata Panglima TNI saat meninjau Pangkalan Udara Manuhua di Biak, Papua.

Jenderal Gatot bersama jajarannya telah melakukan peninjauan langsung ke sejumlah wilayah di Papua, seperti ke Nduga, Sorong, hingga Kaimana.

Panglima TNI menegaskan bahwa jajarannya akan berupaya membangun kekuatan untuk bisa menguasai setiap wilayah di tanah air Indonesia. Hal itu sesuai dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang menyebut bahwa Indonesia harus menjadi poros maritim dunia.

Panglima TNI bersama Kasad Tinjau Pangkalan Utama TNI AL XIV Sorong

Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Irian JayaPanglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo bersama Kasad Jenderal TNI Mulyono, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Wiyarto, Kapuspen TNI Mayjen TNI Tatang Sulaiman, Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian dan Waasops Panglima TNI Laksma TNI Harjo Susmoro meninjau Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XIV Sorong, Jl. Babua No. 1, Kota Sorong, Papua Barat, Jum’at (29/4/2016).

Setibanya di Bandara Domine Eduard Osok, usai melakukan serangkaian kegiatan dari Kabupaten Timika dan Kaimana, Papua, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Jenderal TNI Mulyono langsung disambut dengan Tarian Penjemputan Bumi Cendrawasih dan Tradisi Injak Piring, sebagai orang besar yang datang ke Sorong.

Sebagai wujud penghormatan, Panglima TNI dan Kasad disematkan topi khas Papua oleh para penari, bahkan mereka terlihat ikut menari sambil berjalan diiringi penari masuk ke dalam ruang tunggu bandara. Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Jenderal TNI Mulyono begitu menikmati menari bersama dengan para penari yang berasal dari Suku Moi layaknya seorang raja.

Saat tiba di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XIV yang baru berumur kurang lebih setahun diresmikan, Panglima TNI beserta rombongan segera menuju Dermaga yang sedang dibangun dan tampak beberapa tiang pancang yang digunakan untuk pondasi di atas Dermaga. Perluasan Dermaga ini bertujuan meningkatkan kapasitas kapal yang dapat bersandar untuk KRI berukuran besar.

“Berapa meter tiang itu ?” tanya Panglima TNI saat berdialog dengan salah seorang Staf di Dermaga Lantamal XIV Sorong. “34 meter Pak, ini ring yang menancapkan ke dasar laut,” jawabnya.

Panglima TNI didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono dan Kapuspen TNI Mayjen TNI Tatang Sulaiman, tampak dengan serius memperhatikan konstruksi Dermaga yang rencananya akan mengalami perluasan sebagai infrastruktur utama Pangkalan Utama Angkatan Laut, dilanjutkan melihat foto-foto proses pembangunan dari tahap I hingga tahap VI.

Sumber : JPNN, Okezone, JKGR, Dispen TNI-AD
Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger