Home » » Tentara Norwegia Gunakan Kacamata Canggih

Tentara Norwegia Gunakan Kacamata Canggih

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Kamis, 08 Mei 2014

kacamata Oculus Rift Virtual Reality (VR)

Oculus Rift dengan empat kamera berlensa bulat untuk memberikan pandangan 185 derajat.

kacamata Oculus Rift Virtual Reality (VR)Oslo - Kecanggihan teknologi lagi-lagi bisa dimanfaatkan untuk keperluan militer. Setelah sebelumnya tentara Korea Selatan memanfaatkan Kincet Xbox, kini tentara Norwegia menggunakan kacamata Oculus Rift Virtual Reality (VR) untuk pandangan lebih luas dalam di sekitar tank untuk mengamati dunia luar.

Tentara Norwegia ini menggunakan Oculus Rift dengan empat kamera berlensa bulat untuk memberikan pandangan 185 derajat disekitar kendaraan besi itu. Gambar dari kamera-kamera itu kemudian ditransfer ke PC, lalu dialihkan lagi ke layar kemudi.

"Biasanya kami tidak bisa melihat sisi hingga 185 derajat karena badan tank sangat besar. Dengan sistem ini, kami dapat melihat seperti saat harus mengeluarkan tubuh dari tank," kata Mayor Ola Petter Odden pada situs teknologi Norwegia Teknisk Ukeblad, seperti dilaporkan Mashable, Rabu, 7 Mei 2014.

Meski gambarnya tidak terlalu jelas, kata Oddden, tapi paling tidak lebih baik dari pada "tidak lihat apa-apa". Selain memperluas pandangan, sistem ini juga memberikan keuntungan lain, seperti menampilkan peta overlay, kecepatan tank, dan data lainnya seperti dalam game Battlefield.

 Tentara Oprek Oculus Rift Untuk Kendarai Tank 

kacamata Oculus Rift Virtual Reality (VR)Banyak tentara yang mengeluh tidak dapat melihat situasi sekitar dengan leluasa ketika mereka mengendarai sebuah tank. Untuk itu Angkatan Bersenjata Norwegia alias Norwegian Armed Forces (NAF) memodifikasi headset virtual reality Oculus Rift yang diciptakan khusus untuk mengendarai tank.

Untuk memaksimalkan sudut penglihatan, NAF menempatkan sebuah kamera di bagian luar tank yang bertujuan agar pengemudi tank melihat sekeliling dengan sudut pandang hingga 360 saat menggunakan Oculus Rift. Demikian seperti dikutip dari laman The Verge, Rabu (7/5/2014).

Dengan perangkat ini para tentara yang bertugas di medan perang diklaim dapat mengendarai tank dengan lebih leluasa sehingga dapat memantau situasi di sekitar dengan maksimal. Bukan itu saja, mereka juga dapat melihat kondisi bodi tank dengan jelas seperti halnya `vehicle view` dalam game Battlefield.

Meskipun teknologi yang dikembangkan NAF masih prototipe, namun ide penggunaan Oculus Rift memberikan banyak keuntungan dibandingkan dengan metode konvensional. Selain itu, Oculus Rift jauh lebih murah yaitu sekitar US$ 2.000, jika dibandingkan dengan kamera konvensional militer yang 50 kali lebih mahal.

Penggunaan Oculus Rift juga membuka kesempatan untuk perangkat sejenis yang biasanya hanya digunakan pada permainan video game saja. Jika proses pengembangan yang dilakukan NAF berjalan dengan baik, mereka berencana akan menambahkan panel transparan pada layar berupa tampilan peta dan kondisi sistem tank.

Teknologi serupa juga pernah dikembang oleh BAE System Inggris, yang memungkinkan para tentara melihat display 3 dimensi dan full-color dari apa yang terjadi di luar batas pandangan. Perangkat yang dijuluki Headgear Q-Warrior tersebut diklaim sangat bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan di medan perang.(Sumber : Tempo, Liputan 6)

Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger