Home » , » Radar Terbaru Dan Tercanggih Rusia "Voronezh-DM" Akan Dioperasikan 2014

Radar Terbaru Dan Tercanggih Rusia "Voronezh-DM" Akan Dioperasikan 2014

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Kamis, 01 Maret 2012


Instalasi radar Voronezh milik Rusia.
Instalasi radar Voronezh milik Rusia.

KALININGRAD - Radar Voronezh-DM terbaru milik Rusia, yang ditempatkan di enklaf Rusia di Kaliningrad di kawasan Baltik, akan mulai diaktifkan dua tahun mendatang. Saat ini, radar tercanggih buatan Rusia tersebut masih dalam masa uji coba.

"Ini adalah stasiun radar terbaru, yang saat ini masih dalam tahap percobaan, dan kami akan mengoperasikan penuh dalam dua tahun," tutur Deputi Perdana Menteri Dmitry Rogozin di Kaliningrad, Rabu (29/2/2012).

Radar, yang terletak di tengah-tengah wilayah negara-negara anggota NATO tersebut, pertama kali diungkapkan ke publik pada November 2011. Radar itu dibangun sebagai reaksi atas program perisai rudal Eropa oleh Amerika Serikat dan NATO.

Radar generasi terbaru itu bisa melacak semua rudal balistik yang diluncurkan dekat perbatasan sebelah barat Rusia. Sistem radar terbaru ini bisa melacak 500 sasaran sekaligus hingga jarak 6.000 kilometer.

Rusia Ingin Pelototi Eropa

Terkesan pamer, Rusia mengatakan bahwa stasiun radarnya di Kaliningrad mampu memonitor seluruh misil yang diluncurkan dari kawasan Eropa. "Dengan cara itu, kami bisa memantau sekaligus mendapat peringatan dini akan ancaman dari luar," kata komandan stasiun radar itu, Letnan Jenderal Oleg Ostapenko.

Menurut Ostapenko, sebagaimana warta Xinhua pada Jumat (25/11/2011), peralatan radar di Kaliningrad adalah generasi terbaru. Peralatan itu dilengkapi dengan sistem pintar dengan mobilitas tinggi. "Peralatan kami bisa menangkis misil lawan sekaligus bisa digunakan ofensif," kata Ostapenko.

Rusia, sebagaimana pernyataan Presiden Dmitry Medvedev, memang kembali memperkuat persenjataannya. Salah satunya, radar di Kaliningrad itu. Upaya ini dilakukan untuk mempertinggi kewaspadaan di kawasan Eropa. Dalam banyak pandangan pengamat, Rusia ingin "pelototi" Eropa demi menangkal gerakan militer AS.(Sumber : RIA Novosti/Kompas)
Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger