Ardava.com


Home » » Pembangunan Stasiun Peluncur Satelit Milik LAPAN Di Pulau Enggano Dikhawatirkan Ganggu Ekosistem

Pembangunan Stasiun Peluncur Satelit Milik LAPAN Di Pulau Enggano Dikhawatirkan Ganggu Ekosistem

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Jumat, 11 Februari 2011



Peta Pulau Enggano
Peta Pulau Enggano.


BENGKULU - Pembangunan stasiun peluncur satelit milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional di Pulau Enggano dikhawatirkan akan mengganggu ekosistem pulau itu.

"Apalagi rencana lokasi peluncuran tersebut berada di dalam kawasan konservasi Taman Buru Gunung Nanua tentu akan mempengaruhi ekosistem kawasan lindung itu dan Pulau Enggano secara keseluruhan," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu Amon Zamora di Bengkulu, Kamis (10/2).

Hasil survei awal Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Bengkulu terdapat tiga lokasi yang ditawarkan kepada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Dua lokasi berada di sekitar Cagar Alam Kioyo dan satu di dalam Taman Buru Gunung Nanua.

"Dari tiga lokasi itu, yang paling strategis menurut tim survei adalah yang ada di dalam Taman Buru Nanua," katanya. Kawasan CA Kioyo dan Taman Buru Gunung Nanua merupakan habitat sejumlah burung edemik Pulau Enggano sehingga proyek tersebut akan mengganggu habitat sejumlah satwa lindung lainnya.

"Kami sudah melakukan survei awal dan ada tiga titik lokasi yang menjadi alternatif dan akan ditawarkan kepada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau Lapan," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Bengkulu Winarkus. Tiga lokasi tersebut yakni Tanjung Komang, Kioyo, dan Tanjung Laboko. Ketiganya berada di sebelah Selatan pulau atau di sisi sebalik permukiman warga.(Sumber : MI)

Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger