Ardava.com


Home » » 20 Pilot Tempur Koopsau II Latihan Di Pantai Senggigi

20 Pilot Tempur Koopsau II Latihan Di Pantai Senggigi

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Senin, 11 Mei 2009


20 PILOT TEMPUR KOOPSAU II LATIHAN DI PANTAI SENGGIGIMataram (9/5). Sebanyak 20 orang pilot pesawat tempur Komando Operasi TNI AU II (Koopsau II), melaksanakan latihan Parasailing di kawasan Pantai Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (9/5). Mereka berasal dari Skadron Udara 3, Skadron Udara 11 dan Skadron Udara 15, yang merupakan home base pesawat-pesawat tempur F-16 Fighting Falcon, Sukhoi Su-27/30 MK dan Hawk MK-53.

Sehari sebelumnya, latihan dibuka oleh Direktur Latihan (Dirlat), Kolonel Pnb Bonar Hutagaol dalam suatu upacara militer di Lanud Rembiga, Jum’at (8/5). Tampak hadir Komandan Lanud Rembiga, Letkol Pnb I Made Susila Adnyana, para pejabat Koopsau II serta pelatih dan para staf Lanud Rembiga.

Latihan Parasailing merupakan salah satu program latihan Koopsau II untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan serta ketrampilan para pilot pesawat tempur dalam pelaksanaan prosedur Escape dan Eject dari pesawat tempur, baik di atas air maupun darat. Escape dan Eject, merupakan tahapan yang harus dilakukan seorang pilot pesawat tempur ketika pesawat yang diterbangkan, baik saat latihan maupun di medan operasi mengalami incident / accident, karena rusak mesin ataupun tertembak musuh. Dalam situasi emergency, pilot harus melaksanakan Bail Out (keluar dari pesawat menggunakan kursi pelontar dan mendarat dengan parasut).

Dirlat, Kolonel Pnb Bonar Hutagaol, disela-sela latihan mengatakan, latihan parasailing merupakan latihan rutin yang dilaksanakan Koopsau II setiap tahun. Selama ini latihan dilaksanakan di kawasan pantai Kuta, Bali dan untuk tahun 2009 dilaksanakan di kawasan pantai Senggigi, Lombok.

Dipilihnya Parasailing sebagai media latihan, karena jenis olahraga udara / air ini mendekati kondisi riil sesaat setelah pilot melakukan eject dari pesawat.

Sementara, dipilihnya kawasan pantai Senggigi sebagai lokasi latihan, karena pertimbangan tersedianya fasilitas yang cukup seperti speed boat, parasailing serta kondisi pantainya yang sangat ideal (relatif tidak ramai, bersih dan angin yang kencang).

“Kegiatan latihan ini, kita harapkan membawa manfaat ganda, selain meningkatkan profesionalisme penerbang tempur Koopsau II dalam melaksanakan escape dan eject, juga sekaligus untuk mendongkrak dunia pantai Senggigi”, kata Kolonel Pnb Bonar Hutagaol.(Sumber : Dispen TNI-AU) (Foto Lengkap)

Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger