Ardava.com


Home » , , , , , , , , , , » Meriam KRI Bung Tomo-357 Menggelegar Di Perairan Laut Mediterania Lebanon

Meriam KRI Bung Tomo-357 Menggelegar Di Perairan Laut Mediterania Lebanon

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Rabu, 11 Mei 2016

Meriam KRI Bung Tomo-357 Menggelegar Di Perairan Laut Mediterania Lebanon
Dentuman Meriam KRI Bung Tomo-357 memecah keheningan zona Barbara 3 di sebelah Barat Area of Maritime Operations (AMO) Lebanon

Laut Mediterania-Lebanon, Deru Helikopter dan kesibukan di Helly Deck, Pusat Informasi Tempur dan Anjungan KRI Bung Tomo-357 memecah keheningan zona Barbara 3 di sebelah Barat Area of Maritime Operations (AMO) Lebanon, Senin (02/05/2016). Dentuman Meriam 76 mm Otomelara Super Rapid Gun bertubi-tubi diteruskan hentakan Meriam 30 mm Browning yang dikendalikan secara terpusat dari Combat Information Center (CIC) menghancurkan sasaran permukaan. Akurasi tembakan yang dikendalikan secara computerized tersebut dalam waktu sekejap menenggelamkan sasaran.

Kepulan asap hitam dan aroma mesiu begitu menyengat, namun seolah olah semakin membangkitkan adrenalin prajurit untuk terus memuntahkan peluru. Dansatgas memerintahkan Perwira Navigasi untuk bermanover membuka ruang tembak meriam 30 mm kiri untuk buka tembakan dan kilatan tracer dari peluru meriam 30 mm pun berhambur ke sasaran diikuti rentetan tembakan senjata 12,7 mm.

Seluruh prajurit siaga di Pos Tempur masing-masing mendengar alarm “Peran Tempur, Peran Tempur... Peran Tempur Bahaya Permukaan..... Peringatan Ancaman Bahaya Permukaan Merah Senjata Bebas”, situasi tersebut dalam kondisi latihan menghadapi skenario dimana KRI Bung Tomo-357 melaksanakan kerjasama taktis dengan Helly NV-414 sebagai Target Reporting Unit dalam aksi peperangan permukaan. Zig zag Manouver menghindari tembakan lawan dan melakukan serangan balik secara massive menggunakan seluruh meriam anti permukaan yang ada di kapal untuk melumpuhkan musuh.

Taktik tempur tersebut dinamakan Zig zag Manouver Rapid Fire (ZMRF), hal tersebut penting dilaksanakan disamping untuk menguji profesionalisme prajurit dan kesiapan teknis Platform serta system senjata juga dihadapkan status KRI Bung Tomo 357 yang sedang mengemban misi perdamaian di Lebanon tidak menutup kemungkinan menghadapi peningkatan eskalasi ancaman. KRI Bung Tomo-357 sebagai kekuatan pemukul (Striking Force) Armada RI harus memiliki sifat aggresive, agile, deadly dengan memanfaatkan kemampuan teknis dan taktis kesenjataan modern yang harus diawaki oleh prajurit-prajurit profesional” demikian disampaikan Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan, S.T., selaku Dansatgas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-H/UNIFIL TA. 2015 saat selesai memimpin latihan tersebut.

Dalam briefing artileri sebelum penembakan Dansatgas juga menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan upaya kaderisasi bagi Perwira, Bintara dan Tamtama mengantisipasi dinamika penugasan sehingga siapapun yang ada di kapal jika ada personel yang harus mengikuti pendidikan atau promosi jabatan di kapal lain, kemampuan pengawakan kapal oleh personel yang profesional agar dapat dipertahankan. Demikian juga Tim teknis harus dapat mempertahankan dan menjaga kesiapan kondisi teknis dalam kondisi prima dengan upaya melaksanakan pemeliharaan secara terencana / Planned Maintenance System secara ketat.

Apresiasi dari pimpinan tertinggi TNI AL sangat berarti untuk membakar semangat seluruh prajurit di medan operasi yang sudah berjalan 7 bulan melaksanakan misi perdamaian di Lebanon. “Well done.....Pertahankan kondisi Teknis” demikian disampaikan Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. selaku Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) menyampaikan kepada Dansatgas yang diteruskan kepada prajurit disambut semangat ”Garuda........ Garuda........Garuda.......”

(Pen SatgasMaritim TNI Konga XXXVIII-H/UNIFIL TA. 2015)

Sumber : Dispen TNI-AL
Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger