Ardava.com


Home » , , , , , , , , , , » Memperkuat Pengawasan, Pulau-Pulau Terdepan NTT Diberikan Nama

Memperkuat Pengawasan, Pulau-Pulau Terdepan NTT Diberikan Nama

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Jumat, 06 Mei 2016

Memperkuat Pengawasan, Pulau-Pulau Terdepan NTT Diberikan Nama

Kepala Penerangan Pangkalan Utama TNI AL VII/Kupang, Kapten Marinir Johan Hariyanto mengatakan bahwa Komandan Pangkalan Utama TNI AL VII/Kupang, Brigadir Jenderal TNI (Marinir) Siswoyo Santoso, bersama Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, akan memberikan nama bagi pulau-pulau terdepan di Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung dengan Australia dan Timor Leste. Pemberian nama itu guna menghindari klaim kepemilikan dari kedua negara tetangga.

Menurut Kapten Marinir Johan, baru lima dari sekitar 92 pulau terluar Indonesia di wilayah perbatasan yang diberi nama serta ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 38/2002 tentang Titik-titik Dasar Garis Pangkal Kepulauan Indonesia.

Kelima pulau di NTT yang menjadi pulau terdepan Indonesia itu adalah Pulau Ndana di Kabupaten Rote Ndao, Pulau Batek di Kabupaten Kupang, Pulau Menggudu dan Pulau Salura di Kabupaten Sumba Timur, serta Pulau Dana yang merupakan bagian dan gugusan Pulau Sabu.

Kapten Marinir Johan menjelaskan bahwa selain untuk memastikan titik-titik dasar garis pangkal kepulauan Indonesia, pemberian nama juga guna memudahkan pengontrolan dan pengawasan di wilayah perairan dalam melaksanakan tugas sebagai pengendali keamanan laut dalam kawasan Lantamal Kupang.

Pemberian nama kepada enam pulau di NTT itu akan dilakukan pada tanggal 14 Mei mendatang dengan menggunakan kapal perang TNI AL. Nantinya, papan nama akan dipasang di pulau-pulau tersebut.

Sumber : Antara, JKGR
Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger