Ardava.com


Home » , » Pengadaan Pesawat Kepresidenan Langkah Efisiensi Jangka Menengah Dan Panjang

Pengadaan Pesawat Kepresidenan Langkah Efisiensi Jangka Menengah Dan Panjang

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Selasa, 14 Februari 2012


Replika Pesawat KepresidenenJakarta - Pengadaan pesawat kepresidenan merupakan langkah efisiensi jangka menengah dan panjang. Selama ini pemerintah menyewa pesawat milik Garuda Indonesia, yang jika dihitung biayanya akan lebih mahal. "Untuk kepentingan efisiensi jangka menengah dan panjang, maka dilakukan pengadaan pesawat keresidenan, dan pesawat itu nantinya dapat digunakan setiap saat tanpa mengganggu jadwal penerbangan Garuda," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjawab pertanyaan dalam silaturahmi dan tanya jawab dengan wartawan di Istana Negara, Senin (13/2) malam.

Presiden menjelaskan, banyak kepala negara di dunia menggunakan pesawat kepresidenan jenis Boeing 747 ketika menghadiri event internasional. Meskipun mungkin, untuk kegiatan lokal, para kepala negara tersebut menggunakan jenis pesawat yang lebih kecil.

Menurut Presiden, proses pembelian pesawat kepresidenan ini sudah sesuai prosedur dan sistem pengadaannya pun cukup transparan. "Proses dibicarakan dan sudah disetujui DPR. Selain itu juga melibatkan ahli-ahli pesawat terbang untuk membicarakan kesesuain specs dan lain-lain, saya bukan ahlinya," SBY menjelaskan. "Saya tahu Kementerian Sekretaris Negara juga mengundang lembaga pengadaan barang dan jasa untuk menunjukkan jangan sampai ada yang tidak benar," tambahnya.

Di lain pihak, SBY juga tidak membenarkan bahwa proses pengadaan pesawat ini baru selesai tahun 2013. Tapi, dengan adanya pesawat ini, maka presiden Indonesia nantinya dapat melakukan tugasnya, baik di dalam atau luar negeri, tanpa harus mengganggu jadwal penerbangan Garuda seperti yang terjadi saat ini. SBY menegaskan tidak ada unsur kepentingan pribadi dan mempersilakan BPK untuk mengaudit semuanya.

"Yang akan menggunakan adalah presiden-presiden setelah saya. Dengan menggunakan pesawat Garuda, maka akan seperti tadi itu, hal-hal yang tidak menguntungkan," ujar Kepala Negara. "Silakan diaudit semuanya. Sekali lagi, tidak ada kepentingan pribadi. Kalau jadi tahun 2013 saya hanya setahun menggunakannya," SBY menambahkan.

Pekan lalu, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Lambock V Nathans menjelaskan, pesawat kepresidenan tersebut berjenis Boeing dari kelas 737-800. Diperkirakan pesawat tersebut baru bisa dipakai sekitar Agustus 2013, sementara masa kepresidenan SBY adalah sampai 2014.

Keputusan membeli pesawat kepresidenan dilakukan dengan memperhatikan berbagai aspek:

Aspek Keamanan (Safety dan Security)
  1. Pesawat Carter memiliki resiko keamanan (safety dan security) yang lebih tinggi, karena selain digunakan untuk mendukung VVIP, pesawat juga digunakan untuk penerbangan komersial.
  2. Pesawat carter tidak dilengkapi dengan peralatan navigasi, komunikasi, cabin insulation dan inflight entertainment.
Aspek Operasional
1. Pelayanan, kenyamanan dan kesiapan pesawat carter tidak optimal karena: a. Rekonfigurasi pesawat carter menjadi VVIP membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga kesiapan pesawat tidak bisa 24 jam penuh. b. Rekonfigurasi pesawat carter menjadi VVIP tidak maksimal dan senyaman layaknya pesawat khusus kepresidenan. c. VVIP tidak dapat melakukan pekerjaan penting dengan maksimal. d. Pesawat carter yang bisa terbang jauh hanya pesawat-pesawat berbadan besar, sehingga tidak bisa mendarat di bandara kecil. Padahal penerbangan VVIP membutuhkan pesawat yang mampu terbang jauh dan mendarat di bandara kecil. e. Untuk penerbangan jarak jauh pesawat yang dicarter harus menggunakan pesawat berbadan besar dengan kapasitas penumpang yang banyak, agar penerbangan tidak terlalu sering berhenti untuk mengisi bahan bakar. Hal ini menyebabkan kapasitas pesawat carter tidak sesuai (terlalu besar) untuk rombongan Presiden. 2. Operasional Pesawat Khusus Kepresidenan lebih optimal karena: a. Pelaksanaan koordinasi operasional lebih efektif karena berada pada jalur koordinasi Sekretariat Militer, Pasukan Pengamanan Presiden, TNI-AU dan Sekretariat Negara secara langsung. b. Dukungan kesiapan pesawat dapat dilakukan 24 jam nonstop. c. Dukungan terhadap kegiatan VVIP menjadi optimal karena perlengkapan dan sistem komunikasi telah disesuaikan dengan kebutuhan VVIP. Aspek Ekonomi (Biaya dan Manfaat)
1. Biaya sewa/carter lebih tinggi. Hal ini disebabkan: a. Penerbangan khusus (Pensus VVIP) memerlukan rekonfigurasi khusus sehingga banyak waktu yang hilang bagi perusahaan komersial dan dibebankan pada biaya carter. b. Jadwal penerbangan regular/komersial menjadi terganggu dan terdapat opportunity loss berupa hilangnya pemasukan dari penerbangan komersial termasuk berkurangnya image pelayanan. Opportunity loss ini diperhitungkan pada biaya carter. c. Biaya carter pesawat tiap tahun cenderung naik. 2. Pengadaan pesawat khusus kepresidenan lebih efisien Dari hasil evaluasi terhadap carter pesawat tahun 2005 s.d. 2009, dapat disimpulkan bahwa membeli pesawat lebih hemat daripada carter pesawat. 3. Analisis Biaya Pengadaan pesawat kepresidenan selain memiliki manfaat dari aspek operasional, safety dan security yang sulit dinilai secara ekonomis sebagaimana dijelaskan di atas, juga dapat dilihat berdasarkan analisis biaya dan manfaat ekonomi. Dasar perhitungan a. Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan KM.05 Tahun 2006, usia pesawat yang diizinkan terbang di Indonesia adalah 35 tahun. Biaya depresiasi dihitung berdasarkan metode garis lurus untuk usia pesawat 35 tahun. b. Biaya maintenance dan operasional pesawat dihitung dari sumber Aircraft Commerce Edition 23 Januari 2004, dengan penyesuaian. c. Biaya carter pesawat tahun 2011 s.d. 2015 dihitung berdasarkan biaya carter pesawat kepresidenan tahun 2005 s.d. 2009 ditambah kenaikan 10%. Demikian pula perhitungan biaya carter pesawat untuk setiap 5 tahun berikutnya. Mengapa Boeing
Membeli pesawat Boeing lebih menguntungkan ditinjau dari segi: 1. Operasional Pilot-pilot di dalam negeri, termasuk pilot-pilot TNI-AU lebih siap dan familiar dengan pesawat Boeing, karena umumnya pesawat-pesawat yang digunakan penerbangan di Indonesia adalah pesawat Boeing. 2. Maintenance Fasilitas dan kemampuan maintenance di dalam negeri termasuk TNI-AU lebih banyak dan siap serta memiliki kapabilitas yang memadai dibanding untuk maintenance pesawat merek lain. 3. Pesawat Boeing telah banyak digunakan untuk penerbangan VVIP negaranegara di dunia. Kriteria dan Spesifikasi Pesawat Kepresidenan
1. Pesawat yang mampu terbang jauh (10-12 jam). 2. Pesawat yang mampu mendarat di bandara kecil. 3. Memiliki kapasitas sesuai untuk rombongan Presiden (lebih kurang 70 orang). 4. Memiliki peralatan navigasi, komunikasi, cabin insulation dan inflight entertainment yang khusus.(Sumber : Presiden)
Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger