Ardava.com


Home » , , , , » Hibah Dua Skuadron F-16A/B Fighting Falcon Tunggu Konfirmasi Dari Pihak AS

Hibah Dua Skuadron F-16A/B Fighting Falcon Tunggu Konfirmasi Dari Pihak AS

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Kamis, 17 Februari 2011



F-16A/B Fighting Falcon
Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon Produk Amerika Serikat.


Jakarta – Tambahan hibah dua squadron pesawat F-16 dari Amerika Serikat diharapkan bisa mencukupi pesawat tempur yang sudah ada untuk menjaga wilayah teritorial Indonesia. Asalkan, penempatan masing-masing pesawat ini tepat sehingga pihak-pihak yang mencoba mengusik daerah perbatasan, lebih takut melanggarnya.

"Yang harus diperhatikan, mau disimpan dimana? Jangan sampai jangkauannya lebih lama sehingga musuh keburu kabur. Bagaimana pengaturan dan penempatannya," jelas pengamat militer Mufthi Makarim kepada INILAH.COM, Selasa (15/2/2011).

Untuk menjaga wilayah teritorial yang sering menjadi masalah dengan beberapa negara tetangga, dikatakannya Indonesia harus siap dengan jumlah yang lebih banyak. Sebelumnya, Indonesia telah memiliki enam skuadron pesawat tempur. “Butuh properti dengan kelas fighter. Yang harus diperhatikan juga adalah bahan bakarnya, lalu anggarannya dari mana,” lanjutnya.

Menurut Mufthi, keunggulan teknologi perang masih dipegang oleh Singapura. Namun, bukan berarti Indonesia kalah segala-galanya. Sebab, Indonesia masih punya perbedaan dengan negara tersebut. "Indonesia masih diperhitungkan, yang penting strateginya," katanya.

Mufthi mengaku tidak terlalu terkejut dengan hibah ini. Sebab, Amerika Serikat sendiri sudah tidak menggunakan jenis ini. "Ini kan barang lama. Tidak ada sesuatu yang lebih hebat, apalagi Amerika Serikat sudah menggunakan jenis terbaru."

Sebagaimana diberitakan, TNI menerima tawaran hibah dua skuadron pesawat tempur F-16A/B Fighting Falcon dari Amerika Serikat. Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono mengemukakan, proses persetujuan sudah disampaikan Kementerian Pertahanan dan kini menunggu konfirmasi dari pihak AS.

Agus menuturkan, pertimbangan TNI menerima hibah dua skuadron F-16A/B Fighting Falcon itu dikarenakan lebih efektif dan efisien jika membeli enam pesawat sejenis yang baru.(Sumber : Inilah)

Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger