Ardava.com


Home » » Pesawat Latih TNI-AL Mendarat Darurat

Pesawat Latih TNI-AL Mendarat Darurat

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Rabu, 29 April 2009


Tobago Pesawat Latih TNI-AL

Jakarta - Pesawat latih jenis Tobaco milik TNI Angkatan Laut (AL) mendarat darurat di Pangkalan Udara (Lanud) Ahmad Yani, Semarang, karena masalah pada satu mesin pesawat tersebut.

Kepala Penerangan TNI AL Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul ketika dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Selasa mengatakan, pesawat itu sedang melakukan misi latihan di sekitar lanud tersebut sekitar satu jam.

"Pesawat tinggal landas sekitar pukul 09.30 WIB dan sempat terbang selama satu jam sebelum mesin pada salah satu bagian pesawat mengalami `trouble` hingga terpaksa dilakukan pendaratan darurat," tuturnya.

Iskandar mengatakan, pesawat mendarat darurat di sekitar Pantai Marun, tak jauh dari Lanud Ahmad Yani dan kini tengah dalam proses evakuasi.

Ia mengemukakan, untuk melatih pilot, TNI AL biasa menggunakan Lanud Angkatan Laut (Lanudal) Juanda dan Semarang, yang berdampingan dengan Markas Pusat Penerbang TNI Angkatan Darat.

Satu pilot yang bertindak sekaligus sebagai instruktur dan satu siswa Angkatan Angkatan Laut (AAL) di pesawat itu selamat.


Mabes AL Kirim Tim Penyelidik ke Semarang

Markas Besar TNI Angkatan Laut (AL) segera mengirim tim penyelidik jatuhnya pesawat latih jenis Tobaco di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (28/4) pagi.

Tim penyelidik itu akan dibentuk langsung dari Pusat Penerbang Angkatan Laut (Puspenerbal) Surabaya, kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul, di Jakarta, Selasa.

Pesawat buatan Perancis itu dipiloti Letkol Laut Iman, terpaksa mendarat darurat di areal persawahan, sekitar Pantai Marun, Semarang, tak jauh dari Bandara Ahmad Yani tempat pesawat mengadakan misi latihan. Akibatnya, pesawat mengalami kerusakan di beberapa bagian bahkan sayap pun patah.

Pendaratan darurat dilakukan setelah pesawat mengalami masalah pada mesin setelah mengadakan penerbangan sekitar satu jam, lanjut Iskandar.

Dua awak pesawat masing-masing pilot Iman sekaligus instruktur dan perwira siswa Akademi Angkatan Laut (AAL) Letda Rubi, mengalami luka-luka dan kini tengah menjalani pemeriksaan medis menyeluruh di rumah sakit Pusat Penerbang Angkatan Darat (Puspenerbad) di Bandara Ahmad Yani.

Sementara itu, sejumlah personel dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Semarang, personel Puspenerbad dan komponen lainnya tengah melakukan evakuasi terhadap pesawat produksi 2003 tersebut.

Pesawat latih TNI AL itu, tinggal landas sekitar pukul 09.30 Wib untuk menjalankan misi latihan, dan sekitar pukul 10.00 pesawat melaporkan adanya kerusakan mesin dan terpaksa melakukan pendaratan darurat sekitar pukul 10.30 WIB.(Sumber : Antara)

Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger