Ardava.com


Home » » Armatim Gelar Operasi Trisila 2009

Armatim Gelar Operasi Trisila 2009

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Sabtu, 07 Maret 2009


KRI Multatuli-561

KRI Multatuli-561 sebagai kapal markas

Dalam rangka memelihara dan meningkatkan stabilitas keamanan di laut dan meningkatkan eksistensi serta kewibawaan TNI AL selaku penegak kedaulatan dan hukum di laut, Komando Ardama RI Kawasan Timur (Koarmatim) menggelar Operasi Trisila tahun 2009 di wilayah perairan Yurisdiksi Nasional khususnya kawasan Indonesia Timur.

Satuan Tugas Trisila tersebut melibatkan lima kapal perang, yaitu KRI Multatuli-561 sebagai kapal markas, KRI Keris-624, KRI Ajak-653, KRI Tjiptadi-881 dan KRI Lambung Mangkurat-874, serta satu pesawat Nomad dan satu helikopter.

Operasi yang akan berlangsung hingga bulan Mei 2009 itu, secara resmi dilepas oleh Pangarmatim Laksamana Muda TNI Lili Supramono dalam suatu upacara pelepasan di Dermaga Madura, Koarmatim, Ujung, Surabaya , Kamis (5/3).

Dalam amanatnya, Pangarmatim mengatakan bahwa pada masa mendatang ancamanan yang dihadapi sangat kompleks dan memicu timbulnya berbagai pelanggaran kedaulatan dan hukum di laut.

Penegakan kedaulatan dan hukum di wilayah perairan yurisdiksi nasional kawasan timur Indonesia, merupakan tanggung jawab Koarmatim bersama komponen aparatur Negara lainnya. Oleh karena itu, lanjut Pangarmatim, Operasi Trisila merupakan wujud nyata tanggung jawab Koarmatim dalam melaksanakan tugas pokok yang diamanahkan oleh Negara dan bangsa.

Selain melaksanakan operasi, Satuan Tugas Trisila juga melaksanakan latihan tempur laut untuk meningkatkan kesiapsiagaan unsur dan profesionalisme prajurit serta melaksanakan latihan manuver dalam rangka Sail Bunaken 2009.

Pangarmatim mengingatkan kepada seluruh prajuritnya dalam melaksanakan tugas agar dapat menindak tegas segala bentuk pelanggaran di laut sesuai dengan aturan yang berlaku, baik secara hukum nasional maupun internasional.(Sumber : Dispen TNI-AL)


Berita Terkait :
- 5 Kapal Perang Terlibat Operasi Trisila

Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger