Home » , » 200 Prajurit Marinir Terlibat Upacara Hari Armada RI 2011

200 Prajurit Marinir Terlibat Upacara Hari Armada RI 2011

Written By Ardava.com on Selasa, 06 Desember 2011



200 Prajurit Marinir Terlibat Upacara Hari Armada RI 2011
200 Prajurit Marinir Terlibat upacara Hari Armada Ke-66 2011 di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Ujung Surabaya, Senin (05/12). (Gambar Lengkap)


Surabaya - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno memimpin upacara Parade dan Defile dalam rangka hari Armada RI Th. 2011 di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Ujung Surabaya, Senin (05/12).

Pada hari Armada RI Th.2011 ini, kurang lebih 200 prajurit Korps Marinir terlibat sebagai pasukan upacara dan demontrasi serta material tempur yang diturunkan diantaranya 4 unit Tank PT 76, 4 unit Tank AMX 10 PAC 90, 4 unit Kapa K61, 4 unit RM 70 Grad, 6 unit Howitzer 122, 6 unit Howitzer 105 dan 2 unit Tatra, dibawah pimpinan Kolonel Marinir Ichwan Dargianto yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Resimen Artileri-1 Marinir.

Pada amanatnya Kepala Staf Angkatan Laut menyampaikan peringatan hari Armada yang dilaksanakan setiap tahunnya bukan semata-mata melaksanakan upacara dengan segenap rangkaian kegiatan-kegiatan, namun dibalik itu terdapat makna ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Peringatan hari Armada ini juga sekaligus momentum yang tepat untuk melakukan Intropeksi dan Evaluasi di jajaran Armada RI atas pelaksanaan tugas-tugas yang telah lalu sehingga kedepan akan semakin baik.

Saya menyampaikan sekilas sejarah berdirinya armada RI dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan kesatuan RI segenap komponen bangsa termasuk jajaran TNI AL berupaya membangun kekuatannya agar mampu mengatasi berbagai ancaman dalam mengamankan jalannya pembangunan serta mengisi kemerdekaan.

Sesuai dengan tuntutan perkembangan pada saat itu dimana TNI AL telah tumbuh menjadi organisasi besar yang terdiri dari berbagai macam jenis alutsista maka perlu dilakukan penataan orgnisasi untuk dapat melakukan komando dan pengendalian yang efektif berdasarkan Skep Kasal No.A4/20 Tanggal 14 September 1959 ditetapkan berdirinya Armada angkatan Laut RI yang menggabungkan seluruh jajaran kekuatan tempur laut kedalam armada angkatan laut RI, maka dilaksanakan upacara peresmian armada Angkatan Laut RI pada tanggal 5 Desember 1959.

Merujuk pada fakta sejarah tersebut dan diperketat dengan peraturan Kasal No. Perkasal 77/X/2009 tanggal 26 Oktober 2009 maka setiap tanggal 5 Desember kita peringati sebagai hari Armada RI. “ Ujarnya.

Lebih lanjut Kasal menyampaikan Armada RI sebagai bagian dari TNI Angkatan Laut merupakan tulang punggung dalam melaksanakan kegiatan operasi untuk menjamin tegaknya kedaulatan dan hukum di wilayah laut NKRI.

Tantangan tugas Armada RI selalu berkembang baik dari operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang, untuk menjawab tantangan tugas tersebut kedepan diperlukan proses pembinaan dan pembangunan kemampuan dan kekuatan yang meliputi tiga pilar pembangunan yaitu kesiapan Alutsista, Profesionalisme dan kesejahteraan prajurit beserta keluarganya.

Selesai upacara dilaksanakan dilanjutkan demontrasi ketangkasan prajurit Matra Laut berupa demo Cast and Recovery, boarding exercise (Boardex), Fast rope, sailing pass, terjun payung dari prajurit Intai Amfibi Korps Marinir, usai demo ketangkasan prajurit diakhiri dengan Defile Pasukan.(Sumber : Dispen Korps Marinir)

Share this article :

KEMHAN


TNI-AD


TNI-AL


TNI-AU



Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Latihan Kesenjataan Terpadu Marinir 2014

Situbondo - Diawal tahun 2014, Korps Marinir TNI AL menggelar Latihan Kesenjataan Terpadu (Latsendu) di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur, Jumat (24/01/2014). Korps Marinir TNI AL melibatkan material tempur yang dimiliki Korps Marinir yaitu 39 Tank Amfibi BMP-3F, 13 BTR 50 P, 5 unit Roket Multi Laras RM 70 Grad, 6 pucuk Howitzer 105 mm, 4 unit BVP-2, 2 unit helicopter (1 heli Bell dan 1 unit heli Bolcow).


Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger