Ardava.com


Home » , , , , , , , » Tank Robot Tempur Taktis Tanpa Awak Rancangan Mahasiswa ITS

Tank Robot Tempur Taktis Tanpa Awak Rancangan Mahasiswa ITS

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Jumat, 06 Mei 2016

Tank Robot Tempur Taktis Tanpa Awak Rancangan Mahasiswa ITS

Tank Robot Tempur Taktis Tanpa Awak Rancangan Mahasiswa ITSMahasiswa Institut Teknologi 10 November (ITS), Bachtiar Dumais Laksana (23 tahun) bersama Adhitya Whisnu Pratama dan Muhammad Iqbal membuat kendaraan taktis mini tanpa awak pertama, untuk keperluan militer.

Prototype tank robot yang dikendalikan remote control ini, dirancang, dirakit dan diproduksi oleh mereka bertiga dan diberi nama War-V1, dengan bendera perusahaan bernama BDL-Tech.

Prototype ini telah dilirik Kodam VI/Mulawarman di Balikpapan, dan Batalyon Kavaleri 8 Divisi Infantri 2 Kostrad di Bandung, Jawa Barat.

“Pengerjaan memakan waktu 13 bulan. Lengkap dengan desain, mekanik, rancang kendali elektronis. Kami dari awal mau menyusun perusahaan yang bergerak di bidang hankam dan pendidikan,” ujar Bachtiar, Senin (1/2/2016).

Tank Robot Tempur Taktis Tanpa Awak Rancangan Mahasiswa ITSPembuatan tank robot ini bermula dari hobi ketiganya di dunia militer. Dengan latar belakang lulusan elektro, sejak SMK mereka mulai mencoba merealisasikan mimpinya. Desain dan model tank berasal dari robot yang digunakan militer Jepang.

“Kemudian kami coba, nekat. Saya tanya ke Batalyon Kavaleri sampai Kodam. Ada tanggapan positif dari Kodam Mulawarman dan Batalion Kavaleri 8. Kendaraan ini hendak difungsikan sebagai back up di lapangan, sebagai sweeper atau penyapu, setelah infantri masuk, di back up unit ini. Sistem senjatanya kami sesuaikan dengan tujuan aplikasi,” ujarnya.

Bachtiar dan kedua rekannya belum mendapatkan bantuan dana dari pihak manapun. Pembelian komponen dan alat pendukung masih menggunakan modal pribadi.

Tank Robot Tempur Taktis Tanpa Awak Rancangan Mahasiswa ITSKarena menggunakan dana sendiri, mereka sempat kesulitan memasang komponen yang lebih memadai, sebab, seluruh komponen yang diperlukan harus didatangkan dari China, dengan harga belasan juta rupiah.

“Kami disiplin elektro di bidang mekanik bergerak, kami belajar otodidak, makanya waktu desain belajar dari nol. Jadi masih gambar tangan mulai dari 2014,” ujar Bachtiar.

Kini, Bachtiar mengungkapkan ada beberapa pihak yang mau mensponsori tank buatannya. Tank ini juga akan menjadi bekal untuk menyelesaikan skripsi.

“Ada beberapa bagian saya ikutkan untuk judul skripsi, kalau lolos Kementerian Pertahanan rencananya akan mengucurkan dana, dari Menhan mungkin turunnya ke Dikti,” ujar Bachtiar.

Sumber : merdeka, militerhankam
Tank Robot Tempur Taktis Tanpa Awak Rancangan Mahasiswa ITS

Tank Robot Tempur Taktis Tanpa Awak Rancangan Mahasiswa ITS
Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger