Ardava.com


Home » , , » Uang Logam Rupiah Tak Laku Di Kepulauan Miangas

Uang Logam Rupiah Tak Laku Di Kepulauan Miangas

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Rabu, 29 Juni 2011



Kota Miangas
Kota Miangas (Foto: miangas.multiply.com)


Melonguane - Uang logam pecahan Rp 500 ke bawah tidak diminati alias tidak laku di wilayah perbatasan Indonesia-Filipina. Di Kepulauan Miangas, Kecamatan Talaud, Sulawesi Utara, itu jarang ditemui barang yang dijual dengan harga di bawah pecahan tersebut.

Kasir Madya Direktorat Pengedaran Uang Bank Indonesia di Pulau Miangas, Bambang Suprio, mengungkapkan selain mengganti mata uang Peso dan menarik uang rupiah yang tak layak edar, Bank Indonesia juga banyak melayani penukaran uang logam.

Menurutnya, penduduk di pulau paling ujung Indonesia itu menukarkan uang logam pecahan Rp 100 dan Rp 200 lantaran milik mereka dengan pecahan lebih besar. Harga-harga barang di sana hanya kelipatan Rp 500 dan Rp 1.000. “Uang logam ibarat tidak laku,” ujar Yeni Dalentang, Kepala Desa Kampung Marore.

Imelda Lupa, pedagang di Miangas, juga menuturkan hal yang sama seperti Yeni. “Kami lebih senang mengumpulkan uang logam,” katanya.

Di Kepulauan Miangas, bank sentral melayani penukaran uang hingga Rp 40 juta di Pulau Marore yang dihuni 680 jiwa pada Sabtu, 25 Juni. Adapun di Miangas yang dihuni 878 jiwa bank sentral melayani penukaran hingga Rp 110 juta pada Ahad, 26 Juni 2011.

Marore berjarak 444,48 kilometer atau 17 jam perjalanan laut arah utara dari Pelabuhan Bitung Sulawesi Utara menggunakan kapal perang TNI Angkatan Laut KRI Sultan Nuku. “Kalau kapal penumpang membutuhkan waktu dua hari,” kata Komandan Sultan Nuku Mayor Laut Muhammad Sjamsul Rizal.

Marore merupakan pulau terluar yang berbatasan dengan Pulau Saranggani, Filipina. Keduanya berjarak 74,08 kilometer. Sementara, jarak Marore ke Tahuna, ibu kota Kabupaten Kepulauan Sangihe, adalah 170 kilometer.

Adapun Marore ke Miangas berjarak 157,42 kilometer atau 9 jam perjalanan laut arah utara. Miangas merupakan pulau yang berbatasan dengan Pulau Mindanao, Filipina, dengan jarak 92,6 kilometer. Adapun jarak Miangas ke Melonguane, ibu kota Kabupaten Kepulauan Talaud adalah 174,088 kilometer.(Sumber : TEMPO Interaktif)

Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger