Ardava.com


Home » , » TNI-AL Bersama US Navy Laksanakan Latgab CARAT 2011

TNI-AL Bersama US Navy Laksanakan Latgab CARAT 2011

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Jumat, 27 Mei 2011



Pembukaan CARAT 2011
Kasal Laksamana TNI Soeparno Membuka Secara Resmi Latma CARAT 2011 di gedung Mako Koarmabar Jakarta Pusat, Rabu (25/5).


Jakarta - Kapal perang Amerika Serikat (AS) USS Howard hari ini mengikuti latihan perang bersama TNI AL.

Latihan akan dimasukan pada agenda Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2011.

Latihan lebih berfokus pada manuver bersama kapal perang TNI AL dan akan dilakukan di Selat Sunda serta perairan sekitar anak Gunung Krakatau.

Latihan CARAT tahap awal dilakukan di darat dengan program pertukaran bidang keteknikan dan pengendalian kerusakan, bakti sosial pelayanan medis umum dan gigi, serta program pelayanan masyarakat di sekolah-sekolah setempat.

Tahap selanjutnya latihan di atas laut yang berfokus pada pengembangan kemampuan maritim, operasi laut gabungan dan lainnya.

KASAL Buka Latma CARAT 2011

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Soeparno membuka secara resmi Latihan Bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness and Training 2011 (CARAT) di gedung OB Syaaf Markas Komando (Mako) Koarmabar Jl. Gunung Sahari Raya No. 67 Jakarta Pusat, Rabu (25/5).

CARAT merupakan suatu bentuk latihan bersama (Latma) yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut dan US Navy dalam hal ini United States Pacific Command (USPACOM) dalam rangka kerjasama bilateral antara Indonesia dengan Amerika Serikat. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan prosedur taktis pada Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Latma CARAT 2011 akan dilaksanakan mulai tanggal 25 Mei s.d 1 Juni 2011 di wilayah kerja Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), dimana pelaksanaannya akan dibagi menjadi 2 tahap yaitu tahap pangkalan yang meliputi kegiatan symposium, pelatihan, pelayanan kesehatan, perbaikan fasilitas sekolah, olah raga persahabatan dan interaksi sosial melalui pertunjukkan music dan seni budaya di Jakarta, Bogor dan Sukabumi, serta tahap laut yang meliputi kegiatan latihan tempur kapal di perairan Laut Jawa dan pendaratan amfibi di Pantai Batu Menyan Lampung Selatan.

Latma CARAT 2011 melibatkan TNI Angkatan Laut meliputi Koarmabar antara lain unsur 1 KRI PKR kelas Diponegoro, 1 KRI PKR kelas Pattimura, 1 KRI LPD kelas Makassar, 1 KRI BR kelas Pulau Rupat, 1Helikopter Bell, 2 Helikopter BO, 5 LVT – 7, Satpaskaarmabar, Dislambairarmabar, Lantamal III, Pasmar 2, Lanudal Jakarta, RSAL dr. Mintoharjo. Sedangkan US Navy meliputi, USS Tortuga (LSD-46), USS Howard (DDG-83), USS Reuben James (FFG-57), US Navy Seabees (ACB-1), USNS Safeguard T – ARS, Mobile Security Squadron 7 (MSRON – 7), USN Medical Conference Staff, Centrixs Communication Personel, Force Protection Personel, USCG Boarding Team, Commander Fleet Activities Okinawa (CFAO) Target Detachment serta USMC.(Sumber : Oke Zone, Dispen Armabar)

Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger