Ardava.com


Home » , , , , » Pesawat Buatan Indonesia Sudah Mendarat di Eropa Tahun 1935

Pesawat Buatan Indonesia Sudah Mendarat di Eropa Tahun 1935

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Rabu, 18 November 2015

Pesawat Buatan Indonesia Sudah Mendarat di Eropa Tahun 1935
Walraven-2 yang 100 persen dibuat di Bandung dan mendarat di Belanda pada 27 September 1935 setelah melakukan penerbangan langsung dari Batavia

 100 persen di buat di Jawa  

Walraven-2
Walraven-2 Pesawat Lokal yang dibuat 100 persen di Jawa. Sumber : historia.com
Jangan kaget bahwa sebenarnya pada tahun 1935 pesawat produksi Indonesia sudah mendarat di Eropa. Pesawat itu diproduksi Achmad bin Talim di Bandung Jawa Barat. Meski Achmad sendiri baru datang ke Eropa 1974 atau 39 tahun kemudian.

Pesawat bernama Walraven-2 itu mendarat di Eropa pada 27 September 1935. Hebatnya pesawawt itu terbang jarak jauh setelah terbang dari Indonesia dan mendarat di Schipol, Amsterdam. Pesawat bermesin ganda itu dibuat 100 persen di Jawa, dalam gudang di Jalan Pasir Kaliki, Bandung atas pesanan jutawan Khouw Khe Hien yang menginginkan pesawat udara untuk meningkatkan efisiensi kegiatan bisnisnya.

Pada tahun sebelumnya di bulan Maret 1934, Khouw memesan kepada Laurents Walraven, bagian desain teknik Militaire Luchtvaart-KNIL

Berdasarkan syarat kebutuhan sang businessman Khouw, Walraven kemudian merancang sebuah pesawat cabin monoplane dengan sayap rendah yang aerodinamis, ramping dan dilengkapi dengan dua mesin yang masing-masing berkekuatan 90 tenaga kuda.

Sementara, urusan pesawat merupakan keahlian atau craftsmanship dari Achmad bin Talim dan rekan-rekannya. Khouw Ke Hien adalah pewaris NV Merbaboe yang ingin mengembangkan usahanya ke belahan dunia lain. Dia memutuskan harus punya pesawat sendiri.

Pada Maret 1934, Khouw Ke Hien menghubungi Achmad bin Talim, teknisi pesawat dari Luchtvaart Afdelling, unit Militaire Luchtvaart Dients. Dia kemudian memesan pesawat dengan kriteria yang sangat sulit. Pesawat itu harus mampu terbang dengan jarak jauh berikut kargo seberat 130 kilogram serta dua penumpang. Ia juga mesti bermesin ganda sehingga bisa tetap terbang bila satu mesin mati.

Pesawat Buatan Indonesia Sudah Mendarat di Eropa Tahun 1935
Ahmad bin Talim (kiri) dan Laurent Walraven (kanan)di depan pesawat Walraven-2.Sumber : apakabardunia.com
Talim mendiskusikan pesanan tersebut dengan kawan-kawannya. Termasuk dengan Laurents Walraven, desainer teknik di Militaire Luchtvaart-Koninklijke Nederlandsch Indische Leger, yang juga punya design workshop sendiri. Akhirnya pesanan itu diterima. Walraven dan Kapten MP Pattist membuat cetak-biru dan desainnya, sementara Talim dan kawan-kawan lainnya yang mengerjakannya.

Walraven-2 menggunakan mesin Pobjoy Niagara 7 silinder berkekuatan masing-masing 90 tenaga kuda terpasang di kedua sayap. Menurut artikel “Built in the Dutch East Indies” dalam majalah Flight, 28 Februari 1935, dengan mesin itu pesawat didesain untuk penerbangan jarak jauh berkisar 1.100 mil di udara. Aerodinamika mendapat perhatian penting. Walraven-2 berbeda dari kebanyakan pesawat kala itu yang desainnya belum compact atau ringkas, dan rendah nilai estetis.

Selain badan yang ramping, Walraven-2 bersayap tunggal dan rendah – kala itu umumnya pesawat yang ada bersayap ganda dan letak sayapnya tinggi; mesinnya kebanyakan tunggal. Walraven-2 juga dilengkapi cowl (penutup) mesin dan roda dengan bentuk aerodinamis.

 Penerbangan Perdana  

Pesawat Buatan Indonesia Sudah Mendarat di Eropa Tahun 1935
Kode Registrasi Pesawat Walraven-2 PK-KKH. Sumber : istimewa
Sepuluh bulan kemudian, pada awal Januari 1935, Letnan Terluin melakukan penerbangan perdana pesawat Walraven-2 pesanan Khouw tersebut. Sekitar dua minggu kemudian, 28 Januari 1935, pesawat menerima registrasi penerbangan PK-KKH, yang diambil dari singkatan nama Khouw Khe Hien. Pesawat Walraven-2 yang berikutnya disebut “W-2″ tergolong model paling modern di zamannya pada saat itu.

Entah kenapa, Khouw memilih terbang dulu ke daratan Eropa. Padahal Eropa jaraknya lebih jauh dari daratan Tiongkok, dan justru lebih dekat dari Hindia Belanda (Indonesia, tatkala itu). Walraven-2 pun, menurut almarhum Achmad bin Talim, belum pernah diuji coba terbang jarak jauh di Pulau Jawa. “Tahu-tahu ia berangkat dari Bandung lewat Batavia ke Eropa,” kenang Achmad, tahun 1981.

Sejarah tidak mencatat lagi bagaimana nasib pesawat Walraven-2 PK-KKH. Achmad bin Talim pun tidak ingat lagi. Meski ia masih sempat melihat si pesawat di salah satu hanggar Andir (sekarang Bandara Hussein Sastranegara), Bandung, sebelum ditinggalkan pemiliknya untuk selamanya.

Sumber : Jejak Tapak
Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger