Ardava.com


Home » , , » TNI-AU Tingkatkan Penguasaan Pengamanan Persandian Dan Teknologi Informasi

TNI-AU Tingkatkan Penguasaan Pengamanan Persandian Dan Teknologi Informasi

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Kamis, 20 Februari 2014

IlustrasiTSUNAMI Globalisasi telah melanda dunia akibat kemajuan teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi.

Barang siapa yang menguasai informasi, baik memiliki, menciptakan, menyalurkan, mengolah atau mendistribusikan informasi akan memiliki kekuatan untuk menguasai instrumen kekuatan nasional dalam persaingan global.

Demikian pernyataan Kasau Marsekal TNI IB Putu Dunia dihadapan pejabat TNI AU strata kolonel keatas se-Jakarta yang menghadiri acara coffee morning di Mabesau Rabu (19/2/2014).

Acara diawali dengan penandatanganan Mou antara TNI AU, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), dan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) terkait penyelenggaraan pengamanan persandian dan pengamanan teknologi informasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi Peran Lemsaneg Dalam Pengamanan Informasi Untuk Mendukung Pertahanan Dan Keamanan NKRI yang dibawakan oleh Deputi III Lemsaneg Brigjen TNI Rully Nursanto.

Kasau mengatakan, terbongkarnya kasus kebocoran informasi seperti penyadapan dan penyerangan oleh badan - badan intelejen asing terhadap situs serta jaringan milik pemerintah, berdampak pada kerusakan dan hilangnya data yang terdapat pada server.

"Ketidaktahuan kita sampai ada informasi lewat media dari pembocor merupakan contoh kurangnya kewaspadaan dan kesadaran pentingnya pengamanan dan penggunaan teknologi informasi. Upaya pengamanan tidak hanya sebatas pada penggunaan teknologin namun lebih kepada kesadaran tentang pengamanan informasi oleh sumber daya manusia kita," tegas Kasau.

Menurut Brigjen TNI Rully Nursanto, sistem persandian negara adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan pengamanan informasi rahasia negara meliputi data dan informasi terkait jaringan komunikasi yang digunakan.

Untuk itu, TNI khususnya TNI AU harus terintegrasi dengan Lanud - Lanud yang ada disetiap jajarannya untuk melakukan persandian, dimana diawaki langsung oleh orang - orang intelejennya.(Sumber : Pelita)

Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger