Ardava.com


Home » , » Pengamat : Latihan Militer TNI Sebaiknya Jauh Dari Pemukiman Dan Tidak Di Daerah Perbatasan

Pengamat : Latihan Militer TNI Sebaiknya Jauh Dari Pemukiman Dan Tidak Di Daerah Perbatasan

Written By http://arsipardava.blogspot.com/ on Kamis, 28 April 2011



RM 70 Grad
Sebuah roket keluar dari senjata multi laras RM 70 Grad pada latihan pemantapan terpadu wilayah timur. (Foto: ANTARA/Saptono/Koz/hp/10)


Jakarta - Komisi I DPR meminta agar TNI memindahkan latihan militer dari Pulau Jawa, terutama Kebumen. Salah satu solusi yang ditawarkan memindahkan tempat latihan militer ke daerah perbatasan.

Namun, Pakar dibidang pertahanan dan keamanan, Andi Widjajanto berpendapat lain. Andi menilai latihan militer TNI sebaiknya tidak dilakukan di daerah perbatasan. “Tempat latihan mililter apalagi kalau menggunakan amunisi betulan tidak bisa dilakukan diwilayah perbatasan karena menimbulkan provokasi. Namanya cari gara-gara,” katanya saat dihubungi, Rabu (27/4).

Menurut dia, jika dipindahkan dari wilayah penduduk itu wajib karena, fasilitas militer pun memiliki standar jarak humaniter. Artinya ada jarak terpisah dari fasilitas sipil dengan fasilitas militer. Jarak inilah yang tidak boleh dimasuki warga sipil.

Indonesia masih punya banyak tempat yang bisa dipakai untuk menggelar lattihan seperti Sumatera dan Kalimantan. “Yang jelas jangan diperbatasan,” tegasnya. Bila itu dilakukan, akan ada tindakan pembalasan dari negara tetangga seperti Malaysia karena bisa dianggap mengancam kedaulatan mereka.

Berkaca pada peristiwa Kebumen, ia beranggapan lokasi ideal untuk latihan militer selevel latihan di Kebumen yakni tidak ada pemukiman penduduk dan harus betul-betul terisolasi. Karena, latihan di Kebumen diperuntukan bagi uji coba meriam dan amunisi kaliber berat.(Sumber : Republika)

Share this article :

Historia


Teknologi


Latihan


Arsip



banner ads banner ads

Translate


English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified


Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts


Pendidikan Pasukan Katak TNI-AL. "KOPASKA - Disegani, Dikagumi, Dihormati - Pasukan Elit Indonesia"[By CNN Indonesia]

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Arsip Ardava - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger